Minggu, 21 Februari 2016

BERDOALAH UNTUK MENDAPAT RAHMAT ALLAH



BERDOALAH UNTUK MENDAPATKAN RAHMAT ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh manusia sangat butuh kepada rahmat atau kasih sayang Allah Ta’ala karena orang yang mendapat rahmat Allah tentu saja tergolong kedalam kelompok orang yang sangat beruntung. Ini adalah  sebagaimana dimaksud dalam firman Allah : “Tsumma tawallaitum min ba’di dzaalika falau laa fadhlillahi ‘alaikum lakuntum minal khaasiriin”.Kemudian setelah itu kamu berpaling, maka sekiranya kalau bukan karena  karunia Allah dan rahmat-Nya atasmu, pasti kamu tergolong orang-orang yang rugi (Q.S al Baqarah 64). 

Bahkan di dalam ayat lain disebutkan bahwa keuntungan orang yang mendapat rahmat Allah itu adalah yang  dijauhkan dari azab-Nya, Allah berfirman : “Man yushraf ‘anhu yaumaidzin faqad rahimahuu, wa dzaalikal fauzul mubiin”. Barangsiapa yang dijauhkan azab dari padanya pada hari itu, maka sungguh Allah telah memberikan rahmat kepadanya. Dan itulah keberuntungan yang nyata (Q.S al An’am 16).

Demikian pentingnya rahmat Allah bagi seorang hamba maka dia harus menggapainya dengan menjaga iman dan takwanya. Dan juga    seorang hamba sangatlah di anjurkan  banyak berdoa untuk memperoleh rahmat Allah, diantaranya adalah dengan doa doa yang diajarkan Allah Ta’ala yang disebutkan dalam al Qur-an, yakni :

Pertama :  “Rabbanaa aatina min ladunka rahmatan wa hayyi’ lanaa min amrinaa rasyadaa”. Ya Rabb kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami. (Q.S al Kahfi 10). 

Kedua : “Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmatan, innaka antal wahhaab”. Ya Rabb kami janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. (Q.S Ali Imran 8).

Ketiga : “Tudhillu bihaa man tasyaa-u wa tahdii man tasyaa-u, anta waliyunaa faghfirlanaa warhamnaa wa anta khairul ghaafiriin”. Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah pemimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat, Engkaulah pemberi ampunan yang terbaik. (Q.S al A’raaf 155)

Itulah diantara doa doa yang sangat baik untuk dilazimkan oleh setiap hamba guna mendapatkan rahmat Allah bagi keselamatan dirinya di dunia dan di akhirat.

Insya Allah bermanfaat bagi kita semua. Wallahu A’lam. (581)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar