Senin, 22 Juni 2020

SEMUA KEADAAN TERASA BAIK BAGI ORANG BERIMAN


SEMUA KEADAAN TERASA BAIK BAGI ORANG BERIMAN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam menjalani kehidupan di dunia, orang orang beriman akan  didatangi keadaan yang terasa sebagai kenikmatan dan terkadang pula didatangi musibah. Jadi, orang orang beriman itu senantiasa berada diantara mendapatkan nikmat yang mereka DIPERINTAHKAN UNTUK BERSYUKUR dan musibah yang mereka DIPERINTAHKAN UNTUK BERSABAR. Sehingga semua keadaan ini terasa baik dan mendatangkan kebaikan. 

Ketahuilah bahwa orang orang beriman memang menakjubkan keadaannya. Dalam satu hadits dari Shuhaib bin Sinan disebutkan bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin. Seluruhnya urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya. (H.R Imam Muslim no. 2999)

Imam al Munawi berkata : Keadaan seorang mukmin semuanya itu baik. Hanya didapati hal ini pada seorang mukmin. Seperti itu tidak ditemukan pada orang kafir maupun munafik. Keajaibannya adalah ketika ia diberi kesenangan berupa sehat, keselamatan, harta dan kedudukan, maka ia bersyukur pada Allah atas karunia tersebut. Ia akan dicatat termasuk orang yang bersyukur. Ketika ia ditimpa musibah, ia bersabar. Ia akan dicatat termasuk orang yang bersabar (Faidhul Qadir).

Sungguh Allah Ta’ala ridha kepada orang orang yang bersyukur, sebagaimana firman-Nya :

وَإِنْ تَشْكُرُوا يَرْضَهُ لَكُمْ ۗ

Dan jika kamu bersyukur, Dia (Allah) meridhai kesyukuranmu. (Q.S az Zumar 7)
Dan ketahuilah bahwa Allah Ta’ala mencintai orang orang yang sabar yaitu sebagaimana firman-Nya :

وَاللَّهُ يُحِبُّ الصَّابِرِينَ

Dan Allah mencintai orang orang yang sabar. (Q.S Ali Imran 146)

Imam Ibnul Qayyim berkata : Iman itu ada pada dua sisi yaitu satu sabar dan yang lainnya sisi syukur. Lalu beliau membawakan firman Allah Ta’ala :

إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ

Sesungguhnya yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda kekuasaan Allah bagi setiap orang yang sabar lagi bersyukur. (Q.S Saba’ 19).

Oleh karena itu maka hamba hamba Allah hendaklah senantiasa memelihara dua sikap yang mulia dan bermanfaat yaitu BERSABAR DAN BERSYUKUR. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar