Senin, 29 Juni 2020

SEDEKAH BISA MENGHILANGKAN KESEDIHAN HATI

SEDEKAH BISA MENGHILANGKAN KESEDIHAN HATI

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Memberi sedekah atau berinfak khususnya dengan harta adalah perbuatan yang sangat mulia. Sungguh amat besar nilainya di sisi Allah Ta’ala. Sungguh Allah Ta’ala akan melipatgandakan pahalanya bahkan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman :

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Mahaluas dan Maha Mengetahui.(Q.S al Baqarah 261)

Sungguh ayat ini dengan sangat terang benderang menjelaskan bahwa Allah melipat gandakan harta orang orang yang berinfak di jalan-Nya sampai tujuh ratus kali lipat bahkan bisa jadi lebih dari itu.

Syaikh as Sa’di berkata : Nafkah nafkah seperti ini (infak di jalan Allah) akan dilipat gandakan. Kelipatan ini dengan tujuh ratus kali lipat hingga berlipat ganda lagi banyaknya  dari itu. Karena itu Allah berfirman : “Allah melipat gandakan (balasan) bagi siapa yang Dia kehendaki. Itu tentunya sesuai dengan apa yang ada dalam hati orang yang berinfak tersebut dari keimanan dan keikhlasan yang tulus. Juga sesuai dengan kebaikan dan manfaat yang dihasilkan dari infaknya tersebut. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Ketahuilah bahwa memberikan sebagian harta dalam bentuk sedekah atau infak memiliki keutamaan yang SANGAT BANYAK, diantaranya juga adalah menghilangkan  kesedihan hati.  Orang yang bersedekah juga tak ada kekhawatiran baginya. Allah Ta’ala berfirman :

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُم بِٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ سِرًّا وَعَلَانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Orang orang yang menginfakkan hartanya malam dan siang hari (secara) sembunyi sembunyi maupun terang terangan, mereka mendapat pahala di sisi Rabb-nya. Tidak ada rasa khawatir pada mereka DAN MEREKA TIDAK BERSEDIH HATI. (Q.S al Baqarah 274).

 

Dalam Kitab Tafsir al Muyassar, Departemen Agama Saudi Arabia, disebutkan bahwa : Orang orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah setiap saat, baik siang maupun malam, terang-terangan atau sembunyi-sembunyi, maka bagi mereka pahala dari Rabb mereka, tidak ada yang akan mereka takutkan di hari perhitungan dan mereka TIDAK BERSEDIH dengan kenikmatan dunia yang luput dari mereka.

 

Selain itu, ketahuilah bahwa sedekah bisa memadamkan murka Allah Ta’ala. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan hal ini dalam sabda beliau :


 إن صَدَقَةُ السِّرِّ تُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ


Sesungguhnya sedekah yang dikeluarkan secara rahasia dapat memadamkan murka Allah Subhanahu wa Ta’ala. (H.R ath Thabrani, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).


Ketahuilah bahwa murka Allah itu bisa jadi Dia tampakkan dalam bentuk bencana ataupun musibah  kepada hamba-hambaNya sehingga membuat mereka bersedih. Dan murka ini bisa terangkat dengan bersedekah.


Oleh karena itu, hamba hamba Allah, perbanyaklah sedekah apalagi ketika menghadapi kesulitan dan kesedihan. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.021).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar