Selasa, 23 Juni 2020

BASMALAH SEBELUM MAKAN DAN TAHMID SESUDAHNYA


BASMALAH SEBELUM MAKAN DAN TAHMID SESUDAHNYA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh kita tidak lupa bahwa pada saat kita masih kecil, baru mulai bisa bicara kita sudah diajarkan oleh orang tua supaya menyebut nama Allah yaitu dengan membaca BISMILLAH sebelum makan. Begitulah adab paling utama   seorang muslim ketika hendak makan sebagaimana yang diajarkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dalam sabda beliau :

إِذَا أَكَلَ أَحَدكُمْ طَعَامًا فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّه ، فَإِنْ نَسِيَ فِي أَوَّله فَلْيَقُلْ : بِسْمِ اللَّه فِي أَوَّله وَآخِره

Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia ucapkan : “Bismillah”. Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaklah ia mengucapkan : Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya). (H.R Abu Dawud, at Tirmidzi dan al Hakim).

Dari hadits diatas kita mengetahui bahwa BEGITU PENTING DAN BESAR MANFAATNYA membaca basmalah sebelum makan maka ketika lupa membacanya Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam mengajarkan bacaan pengganti yaitu :  Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi.

Selain itu, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam mengajarkan kita semua jika  selesai makan dan minum hendaklah memuji Allah Ta’ala yang telah memberi nikmat sehingga kita bisa makan dan minum.

Paling tidak kita disuruh membaca kalimat Alhamdulillah. Berdasarkan hadits Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ الْعَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأَكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا

Sesungguhnya ALLAH TA’ALA RIDHA kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid (alhamdulillah) sesudah makan dan minum. (H.R Imam Muslim).

Terus terang kalau kita perhatikan, saat ini, masih sangat banyak saudara saudara kita yang tidak membaca BASMALAH SEBELUM MAKAN. Dan lebih banyak lagi yang lupa membaca ALHAMDULILLAH SETELAH MAKAN. Mungkin ada yang mengatakan bahwa bacaan basmalah sebelum makan dan bacaan alhamdulillah setelah makan adalah pelajaran atau hafalan murid TK dan PAUD.

Benar, tetapi bagi kita bukan pelajaran atau hafalan tetapi sangat dianjurkan untuk diamalkan. Dan sangatlah baik pula jika kita ingatkan kepada orang orang yang ada disekitar  kita TERUTAMA SEKALI orang orang yang kita cintai. Ajarkan  kebaikan kepada mereka sebagai salah satu bukti kecintaan kita kepada mereka.  

Sungguh ini adalah petunjuk atau sunnah Rasulullah Salallahu ‘alai Wasallam dan tentu sangat bermanfaat jika diamalkan dan juga merupakan salah satu cara menghidupkan sunnah. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

 من أحيا سنتي فقد أحبني ومن أحبني كان معي في الجنة .

Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku maka dia telah mencintaiku. Barangsiapa mencintaiku maka dia akan bersamaku di surga. (H.R at Tirmidzi).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.014)


















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar