Rabu, 24 Juni 2020

SANGAT DIANJURKAN MENGHILANGKAN KESUSAHAN ORANG LAIN


SANGAT DIANJURKAN MENGHILANGKAN KESUSAHAN ORANG LAIN

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Hamba hamba Allah sangatlah dianjurkan untuk berusaha menghilangkan penderitaan atau kesusahan yang dialami orang orang muslim. Allah Ta’ala pasti membalas dengan kebaikan yang sangat banyak dan lebih besar dari kebaikan  yang telah dilakukan untuk membantu orang lain. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ ٱللَّهَ لَا يَظْلِمُ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ ۖ وَإِن تَكُ حَسَنَةً يُضَٰعِفْهَا وَيُؤْتِ مِن لَّدُنْهُ أَجْرًا عَظِيمًا
 
Sungguh, Allah tidak akan menzhalimi seseorang walaupun sebesar zarrah. Dan jika ada kebaikan (sebesar zarrah) niscaya Allah akan MELIPATGANDAKANNYA dan memberikan pahala yang besar dari sisi-Nya. (Q.S an Nisa’ 40)

Ketika seseorang berusaha menghilangkan penderitaan atau kesulitan saudaranya sesama muslim dengan ikhlas maka Allah Ta’ala akan memberikan balasan yang sangat baik. Allah a’ala akan menghilangkan  dari kesulitan yang sangat besar DI HARI KIAMAT. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدَّنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ القِيَامَةِ

Barangsiapa yang menghilangkan penderitaan seorang muslim dari penderitaan penderitaannya di dunia maka Allah Ta’ala akan menghilangkan penderitaannya di hari Kiamat kelak. (H.R Imam Muslim).

Paling tidak ada dua hal yang bisa diambil sebagai faedah dari hadits ini, yaitu :

Pertama : Makna kata NAFFASA.

Secara bahasa naffasa bermakna melegakan. Misalnya jika seseorang terlilit lehernya, maka dia susah bernafas. Lalu ada yang melepaskan lilitan itu sehingga dia lega untuk bernafas lagi.

Diantara contoh nyata adalah jika ada tetangga tak mampu untuk membeli pakaian seragam sekolah dan juga membeli buku buku untuk anak anaknya  maka dia merasa menderita, terasa sesak nafasnya karena menghadapi kesusahan. Lalu ada yang membantu kebutuhannya itu maka hilanglah penderitaannya dan dadanya menjadi lapang. Terhadap orang yang menghilangkan penderitaannya maka   Allah Ta’ala akan menghilangkan pula penderitaannya pada hari Kiamat.

Kedua : Allah Ta’ala menghilangkan penderitaannya pada hari Kiamat.

Dalam hadits ini Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menyebutkan : Allah Ta’ala akan menghilangkan penderitaannya di akhirat. Jadi ketika seseorang menghilangkan penderitaan saudaranya di dunia maka Allah Ta’ala akan menghilangkan penderitaannya di akhirat. Dalam hal ini Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam tak menyebutkan tentang menghilangkan kesulitan dunia.

Al Imam Ibnu Rajab al Hambali berkata : Karena penderitaan di dunia tidak ada apa apanya jika dibandingkan dengan penderitaan pada hari Kiamat kelak. (Jami’ul ‘Ulum wal Hikam).

Tentang beratnya penderitaan di akhirat, digambarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dalam sabda beliau :

يَجْمَعُ اللهُ النَّاسَ الأَوَّلِينَ والآخِرِينَ فِي صَعِيدٍ وَاحِدٍ ، يُسْمِعُهُمُ الدَّاعِي وَيَنْفُذُهُمُ الْبَصَرُ ، وَتَدْنُو الشَمْسُ. فَيَبْلُخُ انَّاسَ مِنَ الْغَمِّ وَالْكَرْبِ ما لا يُطِيقُونَ وَلا يَحْتَمِلُونَ ، فَيَقُولُ النَّاسُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : أَلا تَرَوْنَ ما قَدْ بَلَغَكُمْ ، أَلا تَنْظُرُونَ مَنْ يَشْفَعُ لَكُمْ إِلَى رَبِّكُمْ

Allah akan mengumpulkan seluruh manusia sejak awal sampai akhir di satu dataran. Matahari akan direndahkan oleh Allah Ta’ala. Maka orang orang akan mengalami PENDERITAAN DAN KESULITAN dan penderitaan yang mereka tidak mampu untuk menghadapinya mereka tidak mampu untuk memikulnya. Maka sebagian orang berkata kepada yang lainnya, tidakkah kalian melihat yang kalian rasakan. Tidakkah kalian melihat siapa yang bisa memberi syafaat bagi kita di sisi Rabb kita. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Oleh karena itu ketika ada kesempatan untuk membantu menghilangkan penderitaan atau kesulitan orang lain di dunia maka bersegeralah karena Allah Ta’ala akan memberi balasan dengan menghilangkan penderitaan YANG  BERAT di hari Kiamat kelak. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (2.017)
     
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar