Selasa, 04 Desember 2018

BERSYUKUR ADALAH CARA MENDAPAT TAMBAHAN RIZKI


BERSYUKUR ADALAH CARA MENDAPAT TAMBAHAN RIZKI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah menjamin rizki semua makhluk-Nya. Allah berfiman :

وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ

Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rizkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiamnya dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). Q.S Huud 6.

Syaikh as Sa’di antara lain menafsirkan ayat ini bahwa semua (makhluk)  yang merayap dimuka bumi baik manusia, binatang didaratan atau dilautan maka Allah telah menjamin rizki dan makan mereka. Rizki mereka menjadi kewajiban Allah. Semuanya diliputi oleh ilmu Allah dicatat oleh pena-Nya. Berlaku padanya kehendak Allah dan manusia tetap harus yakin kepada Allah yang menjamin rizkinya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Kewajiban orang orang beriman adalah bersyukur. Sungguh Allah Ta’ala menjanjikan tambahan rizki kepada orang orang yang bersyukur.  Allah berfirman :

                                                             وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka pasti adzab-Ku sangat pedih. (Q.S Ibrahim 7).

Dalam ayat ini disebutkan kalau engkau bersyukur akan ditambah nikmat bagimu. Ketahuilah bahwa salah satu tanda bersyukur adalah menggunakan nikmat itu untuk segala sesuatu yang  Allah Ta’ala ridha.

Oleh karena itu jika seseorang mendapat nikmat harta lalu dia bersyukur dengan cara membelanjakan  pada jalan yang Allah ridha seperti untuk menjaga kehormatan diri agar tidak meminta minta, membelanjakan dalam rangka beribadah, memenuhi kewajiban untuk menafkahi keluarga dan yang lainnya maka Allah menjamin untuk memberikan tambahan terhadap harta tersebut. Jadi inilah salah satu  jalan untuk mendapatkan rizki dan tambahannya.

Ibnu Mas’ud seorang sahabat yang mulia memberikan penjelasan tentang   makna kalimat : “Aku akan menambah nikmat kepadamu”.   Allah akan menambah, maknanya adalah : Nikmat yang sudah ada (padamu tidak diambil) dan akan diberikan pula tambahannya.  

Imam Ibnul Qayyim berkata : Allah menjadikan sikap bersyukur sebagai salah satu sebab bertambahnya rizki, pemeliharaan dan penjagaan atas nikmat-Nya (pada orang yang bersyukur). (Demikian ini merupakan) tangga bagi orang bersyukur menuju Dzat yang disyukuri. Bahkan hal itu menempatkannya menjadi yang disyukuri. (Lihat Minhajus Saalikin).

Oleh karena itu seorang hamba akan terus menjaga rasa syukurnya kepada Allah Ta’ala yaitu dengan : (1) Senantiasa menghadirkan hati bahwa semua rizki adalah dari Allah Ta’ala. (2) Senantiasa memuji Allah Ta’ala  melalui ucapan lisan, dan (3) Menggunakan rizki untuk ketaatan kepada Allah Ta’ala.  

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.470)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar