Sabtu, 08 Desember 2018

BERDOA AGAR MENJADI ORANG YANG BERSYUKUR


BERDOA AGAR MENJADI ORANG YANG BERSYUKUR

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta’ala telah memberi nikmat yang banyak kepada manusia. Bahkan kita tak mampu menghitung jenis ataupun jumlahnya. Allah Ta’ala berfirman :

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ                                             

Dan jika kalian menghitung nikmat Allah maka niscaya engkau tidak akan mampu menghitungnya. (Q.S Ibrahim 34).


Dan AllahTa’ala  memerintahkan manusia untuk bersyukur kepada atas nikmat-Nya. Allah Ta’ala berfirman : 

فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا وَاشْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Maka makanlah yang halal lagi baik dari rizki yang telah diberikan Allah kepadamu. DAN SYUKURILAH NIKMAT ALLAH, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya. (Q.S an Nahl 114).

Sungguh, Allah Ta’ala telah menjelaskan bahwa ternyata sedikit sekali manusia yang mau bersyukur. Allah berfirman :

(1) Dalam surat Yunus ayat 60 :

إِنَّ اللَّهَ لَذُو فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا يَشْكُرُونَ

Sesungguhnya Allah benar benar mempunyai karunia (yang dilimpahkan) kepada manusia, tetapi kebanyakan mereka TIDAK BERSYUKUR. 

(2) Dalam surat   al Mu’minun 78 :

وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۚ قَلِيلًا مَا تَشْكُرُونَ

Dan Dia-lah yang telah menciptakan bagimu pendengaran, penglihatan dan hati nurani, tetapi SEDIKIT SEKALI KAMU BERSYUKUR.

Jadi  ternyata bahwa sedikit  manusia yang bersyukur. Oleh sebab itu sangatlah baik menjadi bagian dari orang orang yang sedikit ini yaitu selalu bersyukur atas nikmat yang dianugerahkan  Allah Ta’ala.
Az Zamakhsyari menyebutkan  dalam kitab tafsirnya tentang Umar bin Khaththab yang mendengar doa seseorang.  Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar seseorang memanjatkan doa : Ya Allah jadikanlah aku bagian dari  orang-orang yang sedikit. Umar terheran dan berkata, “Doa apa ini ?” Orang tersebut menjawab : Aku pernah mendengar firman Allah (yang artinya): Sedikit di antara hamba-Ku yang mau bersyukur. Aku pun berdoa pada Allah agar aku termasuk yang sedikit.” Umar pun berkata : Ternyata setiap orang lebih tahu dari Umar.

Bermohonlah kepada Allah Ta’ala agar senantiasa menjadi orang yang bersyukur. Diantara cara untuk bisa bersyukur adalah dengan banyak  memohon dijadikan hamba yang bersyukur. Diantara doa yang  dianjurkan adalah :

Pertama : Disebutkan dalam surat an Naml 19
  
رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Ya Rabb-ku, anugerahkanlah kepadaku ilham untuk terus mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebaikan yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba hamba-Mu yang shalih. 

Kedua : Disebutkan dalam hadits riwayat Abu Dawud.

Inilah doa yang diajarkan Rasulullah kepada Muadz bin Jabbal :

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Ya Allah aku mohon pertolongan agar aku selalu ingat kepada Engkau, agar aku selalu bersyukur kepada Engkau dan agar aku beribadah kepada Engkau dengan baik. (H.R Imam Ahmad dan Abu Dawud).

Semoga Allah Ta’ala menjadikan kita semua orang orang yang bersyukur. Wallahu A’lam (1.473)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar