Jumat, 21 September 2018

TERUS MENERUS BERDOA AGAR DIJAUHKAN DARI ADZAB NERAKA


TERUS MENERUS BERDOA AGAR DIJAUHKAN
DARI ADZAB NERAKA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Semua orang beriman benar benar yakin bahwa di negeri akhirat kelak hanya dua tempat (1) Surga, tempat yang penuh kenikmatan. (2) Neraka, tempat yang penuh adzab. Tidak ada tempat yang ketiga.

Betapa dahsyat dan beratnya  adzab neraka membuat hamba hamba Allah ketakutan. Bayangkan seseorang yang memakai sandal dari api neraka sudah cukup membuat otaknya mendidih.  

Imam Muslim meriwayatkan dari hadits Abu Sa'id al-Khudri, Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

إِنَّ أَدْنَى أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا يَنْتَعِلُ بِنَعْلَيْنِ مِنْ نَارٍ يَغْلِى دِمَاغُهُ مِنْ حَرَارَةِ نَعْلَيْهِ

Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksanya, ia memakai dua sandal dari neraka, seketika itu mendidih otaknya disebabkan panasnya dua sandalnya itu.

Dalam redaksi lain disebutkan :

إِنَّ أَهْوَنَ أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا مَنْ لَهُ نَعْلاَنِ وَشِرَاكَانِ مِنْ نَارٍ يَغْلِى مِنْهُمَا دِمَاغُهُ كَمَا يَغْلِى الْمِرْجَلُ مَا يَرَى أَنَّ أَحَدًا أَشَدُّ مِنْهُ عَذَابًا وَإِنَّهُ لأَهْوَنُهُمْ عَذَابًا

Sesungguhnya penghuni neraka yang paling ringan siksanya adalah seseorang memiliki dua sandal dan dua tali sandal dari api neraka, seketika otaknya mendidih karena panasnya sandal tersebut sebagaimana kuali mendidih. Orang tersebut merasa bahwa tak ada seorang pun yang siksanya lebih pedih daripadanya, padahal siksanya adalah yang paling ringan di antara mereka. (H.R Imam Muslim).
Oleh karena itu orang orang beriman akan berusaha keras untuk menjaga imannya yaitu IMAN YANG MELAHIRKAN AMAL SHALIH sehingga selamat dari adzab neraka dan mendapat tempat di surga. Allah berfirman :
إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيرُ

Sungguh orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai. Itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Buruj 10).

Selain itu, dan sangat sangatlah penting yaitu  haruslah banyak berdoa memohon kepada Allah Ta’ala agar dijauhkan dari siksa neraka. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

Siapa yang (berdoa)  meminta Surga tiga kali, maka Surga akan berkata : Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam Surga. Dan siapa yang memohon perlindungan dari Neraka tiga kali, maka Neraka akan berkata : Ya Allah, lindungilah dia dari Neraka.  (H.R Imam Ahmad, an Nasa’i, at  Tirmidzi dan yang lainnya, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Kemudian dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda tentang perbincangan antara Allah Ta’ala dengan para malaikat mengenai orang-orang yang meminta (berdoa) perlindungan dari neraka. 

Dimana Allah bertanya apakah mereka pernah melihat neraka ?. Para malaikat menjawab belum pernah, dan sekiranya mereka melihatnya maka mereka akan lebih takut dan ingin lari darinya. Sehingga oleh sebab itu Allah Ta’ala berfirman bahwa : “Bersaksilah bahwa Aku telah memaafkan mereka”.

Dan doa yang sangat dianjurkan dan paling  sering diucapkan Nabi  agar selamat di dunia dan selamat di akhirat dan dilindungi dari api neraka, adalah :


عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dari Anas radhiyallahu anhu , ia berkata,  Doa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang paling sering diucapkan ialah : Ya Allah, Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Ini adalah doa agar diselamatkan dari api neraka. Ini mencakup permohonan kepada Allah agar dijauhkan dari sebab sebab masuk neraka seperti melakukan hal hal yang diharamkan dan dosa. (Syaikh Abdur Razzaq al Badr dalam syarah beberapa doa).

Selain itu, seorang hamba haruslah  selalu, TERUS MENERUS MEMOHON AMPUN karena orang banyak memohon ampun akan menjadi orang yang beruntung. Rasulullah bersabda :

طُوبَى لِمَنْ وَجَدَ فِى صَحِيفَتِهِ اسْتِغْفَارًا كَثِيرًا

Sungguh beruntung bagi orang yang mendapatkan dalam buku catatan amalnya, banyak istighfar. (H.R Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Oleh karena orang orang beriman akan selalu melakukan amal shalih, BERDOA AGAR DIAJUHKAN DARI ADZAB NERAKA dan juga memohon ampun kepada Allah Ta’ala. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.390).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar