Jumat, 28 September 2018

RASULULLAH MENJAGA AMANAH BARANG TITIPAN KAFIRUN


RASULULLAH MENJAGA AMANAH 
BARANG TITIPAN KAFIRUN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Tidak ada manusia yang paling tinggi dan paling mulia akhlaknya di muka bumi ini kecuali Muhammad Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. Sungguh Allah Ta’ala yang memuji akhlak beliau yaitu sebagai bukti ketinggian akhlak beliau. Allah Ta’ala berfirman : 

 وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ
Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar benar berbudi pekerti yang luhur. (Q.S al Qalam 4).

Bahkan beliau diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ia berkata : Rasulullah shallallâhu ‘alayhi wa sallam bersabda :

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak. (H.R al Baihaqi, al Bazzar, Imam Bukhari dalam al Adabul Mufraad, Imam Ahmad dan al Hakim).

Salah satu akhlak beliau yang paling hebat adalah DALAM MEMEGANG AMANAH. Sifat ini telah ada pada diri Rasulullah sebelum diangkat menjadi Rasul. Para penduduk Makkah telah memberi laqab atau gelar, julukan yang sangat terhormat kepada beliau yaitu AL AMIN YANG BERMAKNA ORANG YANG BENAR BENAR BISA DIPERCAYA DALAM MEMEGANG AMANAH.

Ini terbukti banyaknya penduduk Makkah yang ketika akan bepergian dalam waktu agak lama mereka menitipkan barang barang berharga kepada beliau. Keadaan ini berlangsung sampai beliau diangkat sebagai utusan Allah. 
Padahal setelah beliau mulai mendakwahkan Islam secara terang terangan di Makkah beliau, secara aqidah, dimusuhi oleh kafir Quraisy. Namun demikian beliau tetap dianggap sebagai orang yang benar benar bisa dipercaya dalam memegang amanah sehingga tetap dititipi barang barang berharga oleh penduduk Makkah.

Nah ketika akhirnya muncul puncak kemarahan kafir Quraisy terhadap dakwah beliau maka mereka bersekongkol untuk membunuh Rasulullah sebagaimana firman Allah :

وَإِذْ يَمْكُرُ بِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا لِيُثْبِتُوكَ أَوْ يَقْتُلُوكَ أَوْ يُخْرِجُوكَ ۚ وَيَمْكُرُونَ وَيَمْكُرُ اللَّهُ ۖ وَاللَّهُ خَيْرُ الْمَاكِرِينَ

Dan (ingatlah) ketika orang orang kafir (Quraisy) memikirkan tipu daya terhadapmu (Muhammad) untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu atau mengusirmu. Mereka membuat tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Allah adalah sebaik baik pembalas tipu daya. (Q.S al Anfal 30)

Dalam keadaan ini maka Rasulullah bersiap siap untuk hijrah ke Madinah bersama Abu Bakar ash Shiddiq. Sesaat sebelum hijrah  ternyata masih ada barang barang berharga milik penduduk Makkah di tangan beliau. Lalu apa yang beliau lakukan terhadap barang titipan penduduk Makkah ini.

Sungguh beliau tak berfikir untuk menilep barang barang titipan ini. Beliau tak menciderai ataupun mengkhianati amanah amanah ini. Pada hal saat itu, untuk berhijrah beliau butuh harta sebagai bekal diperjalanan dan bekal ketika sampai di Madinah. Namun demikian beliau tetap berusaha untuk mengembalikan semua harta titipan itu kepada pemiliknya.

Beliau tak mungkin menyerahkan langsung kepada pemiliknya karena khawatir akan keselamatannya. Lalu beliau meminta Ali bin Abi Thalib untuk mengembalikan titipan tersebut kepada pemiliknya yaitu penduduk Makkah yang masih kafir bahkan siap dan sepakat untuk  membunuh beliau.

Kisah ini disebutkan dalam as Sunanul Kubra : Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam ke luar untuk hijrah, sementara Al bin Abi Thalib tetap tinggal selama tiga hari tiga malam sampai menuntaskan (pengembalian) titipan orang orang yang dipercayakan kepada Rasulullah. Setelah selesai dari tugas itu, dia menyusul Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam (ke Madinah). H.R al Baihaqi.

Itulah salah satu keindahan Islam yang diamalkan oleh Rasulullah dan tentunya harus menjadi pelajaran dan senantiasa mejaga amanah yang dipercayakan kepada kita. Sungguh Allah berfirman :

وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ

Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat amanat dan janjinya. (Q.S al Mu’minun 8).
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.397)

 
   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar