Selasa, 28 Agustus 2018

SURGA BUKAN UNTUK ORANG ORANG SOMBONG


SURGA BUKAN UNTUK ORANG ORANG SOMBONG

Oleh : Azwir B. Chaniago

Salah satu sifat tercela yang dipelihara oleh sebagian manusia adalah sifat sombong. Ketahuilah bahwa  Allah Ta’ala tidak suka kepada orang yang menyombongkan diri dan melarang manusia berlaku sombong. 

Allah Ta’ala berfirman :

وَلاَ تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَ تَمْشِ فِي اللأَرْضِ مَرَحاً إِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَجُوْرٍ 

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. (Q.S Luqman 18)
Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْتَكْبِرِينَ

Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri. (Q.S an Nahl 23).

Dari ayat ini diketahui dengan sangat jelas bahwa Allah tidak suka dengan orang sombong dan membanggakan diri. Ketika Allah tidak suka dengan orang sombong pastilah Allah tidak menyediakan surga-Nya bagi mereka yang sombong ini. LALU KITA MAU KEMANA SETELAH HARI BERBANGKIT ?. Sungguh hanya Allah Ta’ala tempat bergantung semua makhluk.

Ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Sallam ingin menyelamatkan umatnya di dunia dan di akhirat kelak. Beliau mengingatkan agar umatnya bersikap rendah hati dan beliau juga memberi peringatan keras  yaitu ancaman bagi orang yang sombong. Perhatikanlah hadits berikut ini :

Pertama : Diriwayatkan dari Iyadh bin Himar  bahwa Rasulullah  Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

وَإِنَّ اللَّهَ أَوْحَى إِلَيَّ أَنْ تَوَاضَعُوا حَتَّى لَا يَفْخَرَ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ وَلَا يَبْغِ أَحَدٌ عَلَى أَحَدٍ

Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian bersikap rendah hati hingga tidak seorang pun yang bangga atas yang lain dan tidak ada yang berbuat aniaya terhadap yang lain. (H.R Imam Muslim).

Kedua : Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasalam bersabda :

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ

Tidak akan masuk kedalam surga orang yang dihatinya ada kesombongan meskipun seberat biji sawi. (H.R Imam Muslim).

Oleh sebab itu mari introspeksi diri  masing masing setiap saat. Adakah tersimpan  sifat sombong. Ataukah masih ada sisa sisa sifat sombong di masa lalu. Kalau ada segera hapus meskipun hanya seberat biji sawi. Sungguh surga adalah milik Allah Ta’ala dan tidaklah diperuntukkan  buat orang orang yang sombong. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.372)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar