Senin, 06 Agustus 2018

CARA MENDAPATKAN PAHALA SENILAI PAHALA HAJI


INILAH CARA MENDAPAT PAHALA SENILAI 
PAHALA IBADAH HAJI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam dan hukumnya adalah WAJIB BAGI YANG MAMPU sekali seumur hidup. Perintah berhaji antara lain disebutkan Allah Ta’ala  dalam firman Allah :

Pertama : Q.S Ali Imran ayat 97.

فِيهِ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ مَقَامُ إِبْرَاهِيمَ ۖ وَمَنْ دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا ۗ وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

Disana terdapat tanda tanda yang jelas (diantaranya) maqam Ibrahim. Barang siapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (diantara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa yang mengingkari (kewajiban) haji  maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.

Kedua : Q.S al Hajj ayat 27.

وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

Dan serulah manusia untuk mengerjakan ibadah haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki atau mengendarai setiap unta yang kurus, mereka datang dari segenap penjuru yang jauh. 

Hakikatnya, semua orang beriman sangatlah berkeinginan dan selalu berusaha dan berdoa agar bisa melaksanakan ibadah haji, yaitu : 

(1) Pertama sekali adalah karena ingin menunaikan perintah Allah Ta’ala.

(2) Ingin mendapatkan pahala yang besar diantaranya adalah surga  bagi haji mabrur. Rasulullah bersabda :

وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga. (H.R Imam Bukhari no. 1773 dan Imam Muslim no. 1349). 

(3) Keiginan dan kerinduan untuk berkunjung ke Tanah Haram terutama sekali Baitullah yang berada di Makkah. 

Tetapi kenyataannya, tidaklah semua orang beriman mendapat kesempatan atau mampu untuk menunaikan ibadah haji meskipun ada juga yang sempat melaksanakan ibadah ini lebih dari sekali. 

Sungguh Allah Ta’ala melalui Rasul-Nya menjelaskan adanya kesempatan mendapatkan PAHALA SENILAI IBADAH HAJI, meskipun secara fisik belum pernah melaksanakan ibadah ini. Diantaranya adalah : 

Pertama : Datang ke masjid untuk belajar atau mengajar ilmu.

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لَا يُرِيدُ إِلَّا لِيَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يَعْلَمَهُ كَانَ لَهُ أَجْرُ مُعْتَمِرٍ تَامِّ الْعُمْرَةِ، فَمَنْ رَاحَ إِلَى الْمَسْجِدِ لَا يُرِيدُ إِلَّا لِيَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يُعَلِّمَهُ فَلَهُ أَجْرُ حَاجٍّ تَامِّ الْحِجَّةِ

Dan siapa yang berangkat ke masjid , tidak memiliki tujuan apapun selain untuk mempelajari kebaikan (agama) atau mengajarkannya, maka dia mendapatkan pahala orang yang berhaji sempurna hajinya. (H.R al Hakim 311, dinilai shahih oleh Syaikh al Albani dalam Shahih at Targhib wa at Tarhib).

Oleh karena itu berbahagialah orang orang  yang rajin melakukan kajian, meluangkan waktunya untuk belajar agama, setiap pagi dan sore.

Kedua : Melakukan rangkaian ibadah seusai shalat subuh

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ صَلَّى الغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ. قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian duduk berdzikir memuji Allah hingga terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat, maka dia mendapatkan pahala haji dan umrah. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan : Sempurna..sempurna..sempurna. (H.R at Tirmidzi 586,  dihasankan oleh Syaikh al Albani).

Itulah diantara ibadah yang bisa mendatangkan pahala senilai pahala haji sempurna. Namun demikian perlu dipahami bahwa ibadah ini, meskipun mendapat nilai pahala seperti melakukan ibadah haji, TETAPI TIDAKLAH BERMAKNA MENGGUGURKAN KEWAJIBAN BERHAJI BAGI YANG MAMPU SEKALI SEUMUR HIDUP.
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.350)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar