Jumat, 24 Agustus 2018

ANAK SHALIH MENINGGIKAN DERAJAT ORANG TUA


ANAK SHALIH  MENINGGIKAN DERAJAT ORANG TUA 
DI SURGA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap orang beriman pastilah  ingin memiliki anak anak yang shalih karena akan sangat bermanfaat baginya di dunia dan di akhirat kelak. Oleh karena itu orang orang beriman terus menerus berusaha untuk mendapatkannya dengan memberikan pendidikan ilmu agama yang lurus dan bermanfaat kepada anak anaknya. 

Mendidik anak menjadi shalih dan shalihah memang tidaklah mudah. Sebagian ada yang berhasil dan ada pula yang belum berhasil mendapatkannya meskipun mereka telah berusaha sebaik mungkin. Namun wajib untuk diketahui bahwa  itu berkaitan dengan  hidayah yang merupakan  hak  Allah Ta’ala semata. Tugas manusia hanyalah berusaha untuk mendapatkan yang terbaik untuk dunia dan akhiratnya.

Sungguh sangatlah banyak keutamaan yang akan diperoleh orang tua yang memiliki anak shalih. Diantaranya adalah meninggikan derajat orang tua di surga.   
 
.عن أبي هريرة ، عن النبي قال إن الرجل لترفع درجته في الجنة فيقول: أنى هذا ؟ فيقال: باستغفار ولدك لك

Dari Abu Hurairah  bahwa Nabi  bersabda : Sungguh seorang manusia akan ditinggikan derajatnya di surga (kelak), maka dia bertanya: Bagaimana (aku bisa mencapai) semua ini ?. Maka dikatakan kepadanya : (Ini semua) disebabkan istighfar (permohonan ampun kepada Allah yang selalu diucapkan oleh) anakmu untukmu (H.R Imam Ahmad dan Ibnu Majah, dihasankan oleh Syaikh al Albani).
Diantara bentuk doa dan memintakan ampun dari anak untuk kedua orang tuanya adalah :

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Wahai Rabb-ku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan sayangilah mereka seagaimana mereka telah menyayangi aku diwaktu aku kecil.
Ketahuilah bahwa anak yang shalih adalah termasuk sebaik-sebaik usaha yang dilakukan oleh seorang beriman  dalam hidupnya, karena semua amal kebaikan yang dilakukan oleh anak yang shalih pahalanya akan sampai kepada orang tuanya, secara langsung dan tanpa perlu diniatkan, karena anak termasuk bagian dari usaha orang tuanya. Inilah diantara makna sabda Rasulullah :

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan dan  doa anak yang shalih (H.R Imam Muslim).

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.367)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar