Kamis, 16 Agustus 2018

BERUSAHA MENGHINDAR DARI FITNAH DAJJAL


BERUSAHA MENGHINDAR DARI FITNAH DAJJAL

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh pada akhir zaman Allah Ta’ala akan mendatangkan dajjal sebagai fitnah atau ujian bagi orang orang beriman. Dajjal akan tinggal di bumi selama 40 hari. Fitnah dajjal ini sangatlah berat. Dari Imran bin Husain, dia berkata : Aku mendengar Rasulullah bersabda : 

مَا بَيْنَ خَلْقِ آدَمَ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ خَلْقٌ أَكْبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ

Tidak ada semenjak penciptaan Adam hingga hari Kiamat ditegakkan, fitnah lebih besar dari fitnah dajjal. (H.R Imam Muslim)

Agar selamat dari fitnah ini maka orang orang beriman haruslah berusaha menghindarinya, diantara jalan untuk menghindar darinya adalah :

Pertama : Berusaha menjauhkan diri dari posisi dajjal.

Dari Imran bin Hushain, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

        مَنْ سَمِعَ بِالدَّجَّالِ فَلْيَنْأَ عَنْهُ فَوَاللَّهِ إِنَّ الرَّجُلَ لَيَأْتِيهِ وَهْوَ يَحْسِبُ أَنَّهُ مُؤْمِنٌ فَيَتَّبِعُهُ مِمَّا يُبْعَثُ بِهِ مِنَ الشُّبُهَاتِ أَوْ لِمَا يُبْعَثُ بِهِ مِنَ الشُّبُهَاتِ

Barangsiapa mendengar kemunculan dajjal, maka menjauhlah darinya. Demi Allah, ada seseorang yang mendatangi dajjal dan ia mengira bahwa ia punya iman (yang kokoh), malah ia yang menjadi pengikut dajjal karena ia terkena syubhatnya ketika dajjal itu muncul. (H.R Abu Daud  dan Imam Ahmad, dishahihkan oleh  Syaikh al Albani).

Kedua : Kalau bisa tinggal di Makkah atau  Madinah  karena dajjal tidak bisa memasuki kedua kota ini.

Dari Abu Umamah bahwa Nabi Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : “Tak ada tempat di muka bumi yang tidak diinjak dan di duduki Dajjal, kecuali Mekkah dan Madinah. Ia mendatangi setiap celah kedua kota itu, namun malaikat selalu menemuinya dengan pedang. Akhirnya ia singgah di Dharib Ahmar, di persimpangan tanah kosong yang tandus.

Lalu Madinah diguncang tiga kali sehingga semua orang munafik, baik laki-laki maupun perempuan, keluar menuju Dajjal. Dengan demikian, yang jelek keluar dari Madinah sebagaimana kipas tungku api membersihkan kotoran besi. Hari itu disebut pembersihan. Ada yang bertanya : Dimana orang Arab saat itu ?. Jawab beliau : “Pada saat itu mereka sedikit…”  (H.R Ibnu Majah,  Ibn Khuzaimah, dan al Hakim)

Ketiga : Senantiasa membaca doa setelah tasyahud akhir dan sebelum salam yaitu doa berlindung dari empat perkara diantaranya mohon perlindungan dari fitnah dajjal. Ini insya Allah sangat mudah dan sangat dianjurkan untuk kita amalkan pada setiap shalat yang kita lakukan.

Dari hadits Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda : “Apabila salah seorang kalian selesai membaca tasyahhud hendaknya ia berlindung 
kepada Allah dari empat perkara. Beliau membaca :

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ , وَمِنْ عَذَابِ اَلْقَبْرِ , وَمِنْ فِتْنَةِ اَلْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ , وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ اَلْمَسِيحِ اَلدَّجَّالِ

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah masiihid Dajjal. (Muttafaq 'alaih).

Keempat : Membaca dan menghafalkan sepuluh ayat pertama surat al Kahfi dan pada riwayat yang lain disebutkan sepuluh ayat terakhirnya.

Dalam hadits Abu Darda’ radhiyallahu’anhu Nabi shallallahualaihi wa sallam menjelaskan :

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, niscaya dia akan terlindungi dari fitnah dajjal. (HR. Muslim, Ahmad, Ibnu Hibban dan yang lainnya).

Itulah diantara cara untuk menghindar dari fitnah dajjal. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.362)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar