Senin, 08 Juni 2015

ORANG MUKMIN YANG PALING CERDAS



ORANG MUKMIN YANG PALING CERDAS

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh semua manusia, pada waktu yang telah ditetapkan Allah,  pasti akan mati. Tentang kepastian mati ini semua sepakat, tidak ada khilaf atau perbedaan pendapat baik dia kafir, musyrik, munafik apalagi orang beriman. Banyak sekali ayat yang menelaskan tentang hal ini baik ayat qauliyah, yaitu al Qur an dan as Sunnah ataupun dari  ayat kauniyah yaitu yang bisa dilihat dan diketahui dari alam ini.

Allah berfirman  : “Kullu nafsin dzaa-iqatul mauti, wa nablukum bisy syarri wal khairi fitnah. Wa ilainaa turja’uun). Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami. (Q.S al Anbiyaa’ 35).

Seorang mukmin diperintahkan oleh Rasulullah untuk selalu mengingat kematian. Rasulullah bersabda : “Aktsiruu dzikra haadzimil ladzdzati (ya’nil mauta)” Perbanyaklah oleh kalian mengingat pemutus kelezatan (yaitu kematian) H.R Imam Ahmad dan Imam at Tirmidzi, dari Abu Hurairah.

Ketahuilah bahwa orang mukmin itu yakin dengan seyakin yakinnya bahwa mereka pasti mati dan pasti tempat kembalinya adalah kepada Allah. Dan orang mukmin yang paling  cerdas adalah yang selalu ingat kepada kematian dan paling baik dalam mempersiapkan diri untuk akhiratnya. 

Sungguh Allah telah memperingatkan agar orang mukmin mempersiapkan bekal untuk menghadapi hari akhirat. Allah berfirman : “Yaa aiyuhal ladzina aamaanuu Wahai orang orang yang beriman ! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (Q.S al Hasyr 18).

Diriwayatkan dari Ibnu Umar : Aku sedang bersama Rasulullah kemudian datang seorang laki laki dari kalangan Anshar. Dia mengucapkan salam dan bertanya kepada Rasulullah : “Wahai Rasulullah !. Siapa orang mukmin yang paling utama ?. Rasulullah menjawab : Orang yang paling baik akhlaknya. Orang itu bertanya lagi : Lalu siapa orang mukmin yang paling cerdas ?. Beliau menjawab : Orang yang paling banyak mengingat kematian dan yang paling baik persiapannya untuk menghadapi apa yang terjadi setelahnya. Mereka itulah orang yang paling cerdas. (H.R Ibnu Majah dan at Thabrani, dinilai hasan oleh Syaikh al Albani).

Jadi inilah kriteria orang mukmin yang paling cerdas menurut Rasulullah yaitu (1) paling banyak mengingat mati dan (2) paling baik persiapannya menghadapi kematian.  
Oleh karena itu maka orang orang yang beriman haruslah selalu mengingat akan kematiannya dan berusaha mempersiapkan bekal terbaik yaitu takwa dengan melakukan amal secara ikhlas dan mengikuti contoh yang diajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam.

Wallahu A’lam.  (338)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar