Selasa, 02 Juni 2015

DAPAT RUMAH DI SURGA



INGIN DAPAT RUMAH DI  SURGA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam sangat penyayang kepada umatnya. Allah berfirman : Laqad jaa-akum rasuulun min anfusikum ‘aziizun ‘alaihi maa ‘anittum hariishun ‘alaikum bil mu’miniina ra-ufun rahiim”. Sungguh, telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri. Berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, (dia) sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, (dia) penyantun dan penyayang kepada orang orang yang beriman. (Q.S at Taubah 128). 

Diantara kasih sayang Rasulullah kepada umatnya, beliau telah mengajarkan segala sesuatu yang akan mendekatkan umatnya ke surga dan menjauhkan dari neraka.

Rasulullah bersabda : “Maa baqiya syai-un yuqarribu minal jannati wa yuba’idu minan naar illa waqad buiyina lakum” Tidak ada yang mendekatkan (kalian) ke surga dan menjauhkan (kalian) dari neraka melainkan sesungguhnya telah (aku) jelaskan (kepada kalian petunjuknya) H.R Imam ath Thabrani. 

Diantara kasih sayang beliau pula kepada umatnya adalah beliau menjanjikan rumah bagi umatnya di surga dan menjelaskan cara mendapatkannya.  Sangatlah banyak hadits yang menjelaskan bagaimana cara mendapatkan rumah di surga. Sungguh untuk membangun dan mendapatkan rumah di surga bukanlah dengan mempersiapkan bahan bangunan dan mencari tukang sebagaimana layaknya di dunia. Tetapi untuk mendapatkan rumah di surga dengan segala fasilitas dan perlengkapannya  adalah dengan iman dan amal shalih. 

Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Ana za’iimun bibaitin fii rabadhil jannati liman tarakal miraa-a wain kaana muhiqqa, wa bibaitin fii wa sathil jannati liman tarakal kadziba wain kaana maazihaa, wa bibaitin fii a’lal jannati lima hassana khuluqah.”

Rasulullah bersabda :

Pertama : (Aku) Menjamin satu rumah di pinggiran surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun ia benar.

Kedua : Dan (aku) menjamin satu rumah di tengah surga bagi orang yang tidak berbuat bohong walaupun dalam bercanda.

Ketiga : Dan (aku) menjamin satu rumah di surga bagian atas bagi orang yang berakhlak mulia.

(H.R Imam Abu Dawud, Imam Ibnu Majah dan Imam Tirmidzi, dishaihkan oleh Syaikh al Albani, lihat Shahih at Targhib wa at Tarhib No. 2648).  

Insya Allah bermanfaat. Wallahu A’lam. (331)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar