Minggu, 21 Juni 2015

BERSIN ADALAH NIKMAT ALLAH



BERSIN ADALAH NIKMAT ALLAH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta’ala memberikan nikmat yang sangat banyak kepada manusia. Begitu banyaknya nikmat itu maka kita tidak mampu menghitungnya. Allah berfirman : “Wa in ta’udduu ni’matallahi laa tuhshuuhaa”  Dan jika kamu menghitung nikmat Allah niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. (Q.S Ibrahim 34).

Satu hal yang wajib kita ketahui adalah bahwa tidak ada nikmat yang kecil yang dianugerahkan Allah kepada kita. Semua nikmat dari Allah adalah besar bahkan ada yang sangat besar. Diantara yang sangat besar adalah nikmat iman dan islam.

Bersin, mungkin bagi sebagian orang dianggap suatu hal yang kecil bahkan sesuatu yang biasa, tidak memiliki makna apapun. Ini anggapan yang tidak tepat. Ketahuilah bahwa bersin sebenarnya adalah nikmat yang besar dari Allah Ta’ala. Cobalah pikirkan sejenak bagaimana jika pada satu saat kita kepingin bersin, hidung rasanya mampet tapi bersinnya tidak jadi jadi juga. Rasanya sangatlah tidak nyaman, apalagi kalau keadaan yang demikian berjalan beberapa jam.

Jadi bersin adalah salah satu nikmat Allah yang wajib disyukuri. Itulah sebabnya maka Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk memuji Allah Ta’ala jika bersin yakni dengan mengucapkan Alhamdulillah.

Satu hal yang merupakan nikmat Allah pula dengan adanya bersin adalah kesempatan untuk saling mendoakan. Jika seseorang muslim yang bersin memuji Allah dengan mengucapkan Alhamdulillah maka hendaklah saudaranya yang mendengar ucapan pujian itu, mendoakan saudaranya yang bersin  dengan mengucapkan yarhamukallah (semoga Allah merahmati engkau). Selanjutnya yang bersin tadi mendoakan pula orang yang mendoakannya itu dengan mengucapkan yahdikumullahu wa yushlihu baalakum (semoga Allah memberi engkau petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).

Ini adalah sebagaimana yang diperintahkan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dalam sabda beliau : “Idza ‘athasa ahadukum falyaqul : alhamdulillahi walqul lahu akhuuhu – au shahibuhu - : yarhamukallah, fa idza qaala lahu yarhamukallahu falyaqul : yahdikumullahu wa yushlihu baalakum” . Jika salah seorang diantara kalian bersin, hendaklah ia mengucapkan : Alhamdulillah. Jika ia telah mengucapkan (Alhamdulillah) hendaklah saudaranya atau temannya mengucapkan : Yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu). Apabila temannya telah mengucapkan : Yarhamukallah maka ucapkanlah yahdikumullah wa yushlihu baalakum (semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu). H.R Imam Bukhari dari Abu Hurairah.             
Ketahuilah bahwa ini adalah salah satu adab Islam yang diajarkan oleh Rasulullah. Semoga kita semua selalu berusaha untuk melazimkannya sehingga memberi manfaat yang banyak bagi kita. Insya Allah.

Wallahu A’lam. (351) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar