Selasa, 23 Desember 2014

BERSEGERA MEMENUHI PANGGILAN ADZAN



BERSEGERA MEMENUHI PANGGILAN ADZAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Alhamdulillah, kita hidup di negeri Islam, dimana syi’ar syi’ar Islam, diantaranya suara adzan senantiasa berkumandang dari masjid masjid pada setiap waktu shalat fardhu. Syukur kita ini haruslah dibuktikan dengan perbuatan yaitu  memenuhi panggilan adzan dan bersegera menuju ke masjid bagi laki laki untuk shalat berjamaah.
Juga sangatlah dianjurkan untuk mendatangi masjid lebih awal, sebelum adzan berkumandang. 

Sungguh sangatlah banyak keutamaan yang bisa diperoleh seseorang yang membiasakan diri untuk bersegera melangkah ke masjid untuk shalat berjamaah. Diantaranya adalah :

Pertama : Rasulullah mengingatkan bahwa ada  golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah pada suatu hari yang tidak ada naungan kecuali naungan Allah. Diantaranya adalah orang orang yang hatinya terpaut dengan masjid. Ketahuilah bahwa  satu pertanda seseorang itu hatinya terpaut dengan masjid adalah seseorang yang selalu ke masjid memenuhi setiap panggilan adzan.

Rasulullah bersabda : “Ada tujuh golongan yang akan dinaungi Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan –Nya,” Lalu beliau menyebutkan diantaranya : Seorang yang hatinya terpaut dengan masjid” (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).
Ibnu Musayyib berkata bahwa selama 50 tahun aku shalat, tidaklah adzan berkumandang, aku sudah berada di masjid. Selama itu pula aku  tidak pernah melihat punggung manusia ketika shalat. (karena selalu di shaf pertama, pen.) 
  
Kedua : Seseorang yang berada di masjid menunggu shalat maka akan dicatat sebagai sedang shalat. Rasulullah bersabda : “Senantiasa salah satu dari kalian di (catat) dalam shalat selagi shalat itu mencegah dirinya sehingga tidak ada yang mencegahnya pulang ke keluarganya kecuali shalat itu.” (H.R Imam Muslim). 

Inilah salah satu karunia yang besar dari Allah bagi hamba hambanya yang senantiasa menyegerakan berangkat ke masjid untuk shalat berjamaah.

Ketiga : Meskipun boleh boleh saja, tapi tidaklah dianjurkan untuk mendatangi masjid  pada saat iqamah telah dikumandangkan.  Berusahalah  untuk datang lebih awal. Bersegeralah. Seseorang yang bersegera ke masjid sangat besar kemungkinannya dapat shaf pertama. Sungguh Rasulullah telah mengingatkan kita semua bahwa shaf yang paling utama bagi seorang laki laki yang shalat berjamaah adalah shaf pertama. Bukan shaf yang sesudahnya. Rasulullah telah menjelaskan hal ini dalam banyak hadits, diantaranya adalah :

1.   Rasulullah bersabda : “Walau ya’lamuuna maa fii shaffil muqaddami lastahamuu” Dan seandainya mereka mengetahui kebaikan yang ada pada shaf pertama tentulah mereka akan berlomba untuk mendapatkannya (H.R Imam Bukhari).
2.     Rasulullah bersabda : “Innallaha wa malaikatahu yushalluuna ‘ala shaffal awwal” Sungguh Allah dan para MalaikatNya bershalawat kepada (orang orang) yang berada pada shaf pertama. (H.R. Abu Dawud dan dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam shahih Sunan Abu Dawud).

3.  Rasulullah bersabda : Dari alIrbadh bin Sariyah : Bahwasanya Rasulullah : Memohon ampun untuk (orang orang yang berada pada) shaf pertama tiga kali dan pada shaf kedua satu kali

Keempat : Didoakan oleh para malaikat. Seseorang yang lebih awal datang ke masjid memenuhi panggilan untuk shalat, maka selama dia menunggu shalat malaikat akan berdoa baginya.
Rasulullah bersabda : “Para malaikat mendoakan mereka dengan doa; Allahumaghfir lahu, allahum arhamhu”  Ya Allah ampunilah dia, ya Allah rahmatilah dia.

Doa ini terus diucapkan malaikat selama orang tersebut tidak keluar dari tempat shalatnya dan tidak batal wudhu’nya” (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Kita lihat sehari hari, seseorang yang didoakan oleh saudaranya atau ustadznya merasa sangat senang. Kalau didoakan oleh malaikat  malaikat tentu  akan merasa lebih senang lagi. Karena malaikat adalah makhluk yang tidak pernah bermaksiat kepada Allah dan selalu memuji dan mensucikannya-Nya. Insya Allah doanya selalu diijabah oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. 
  
Ya Allah, ya Rabb kami, berilah kami kekuatan untuk selalu bersegera memenuhi panggilan adzan dan melaksanakan shalat berjamaah di masjid.

Wallahu a’lam.  (171)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar