Rabu, 10 Desember 2014

TAKWA MENDATANGKAN REZKI



TAKWA MENDATANGKAN REZKI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Allah dengan  bijaksana dan karunia-Nya melebihkan seseorang dari yang lain dalam berbagai hal. Diantaranya adalah soal rezki. Ada yang secara materi Allah beri rezki yang berlimpah. Ada yang secukupnya bahkan pas pasan. Bagi yang mendapat rezki sedikit atau susah dalam mendapatkan rezki janganlah berkecil hati karena Allah membuka banyak sekali pintu rezki bagi hamba hamba-Nya . Diantara caranya adalah dengan bertawakal kepada-Nya.

Ketahuilah bahwa salah satu buah dari tawakal adalah Allah  akan memberi jalan keluar dan membukakan pintu rezki. Allah berfirman : “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya dan Dia memberi rezki dari arah yang tidak disangkanya (Q.S ath Thalaq 2-3).

Lalu ada yang bertanya : Kalau ketakwaan atau tawakkal bisa melancarkan rezki mengapa orang yang jauh dari Allah terkadang rezkinya melimpah.

Ya ada benarnya, tapi ketahuilah saudaraku.

Pertama : Limpahan rezki bagi orang yang  jauh dari Allah bisa jadi bentuknya istidraj. Mereka diberi rezki dan  kenikmatan yang semu dan membuat mereka semakin lalai mengingat Allah. Akhir kesudahannya  mereka akan mendapat adzab yang semakin berat karena lalai mengingat Allah.

Kedua : Memang terkadang Allah  memberikan rezki yang secara fisik kelihatan berlimpah kepada seseorang padahal dia sangatlah lalai mengingat Allah. Tapi ketahuilah bahwa Allah tidak menurunkan berkah terhadap rezkinya tersebut. Sementara itu orang orang yang bertakwa ada yang tidak mendapat rezki yang banyak tetapi Allah turunkan berkah bagi rezkinya itu. Ini tentu lebih baik daripada rezki yang banyak tapi berkahnya tidak ada.

Wallahu a’lam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar