Senin, 04 Desember 2023

SANGAT DIANJURKAN BERDOA ANTARA ADZAN DAN IQAMAH

 

SANGAT DIANJURKAN BERDOA ANTARA ADZAN DAN IQAMAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman setiap saat dianjurkan berdoa memohon kepada Alah Ta'ala untuk semua yang dibutuhkan berupa manfaat dan juga menolak sesuatu yang akan mendatangkan bahaya. Tetapi ketahuilah bahwa ada banyak waktu berdoa sangat dianjurkan.

Satu diantaranya adalah antara adzan dan iqamah. Perkara ini dijelaskan oleh Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam dalam sabda beliau :

(1) Diriwayatkan oleh Imam Ahmad.   

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا

Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqamah, maka berdoalah (kala itu).

(2) Diriwayatkan oleh at Tirmidzi :

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

Doa yang tidak mungkin tertolak adalah ketika antara (waktu) adzan dan iqamah.

Oleh karena itu hamba hamba tidaklah mengabaikan waktu yang berharga ini yaitu SAATNYA DOA TIDAK DITOLAK ATAU TIDAK MUNGKIN DITOLAK.  

Keutamaan lain yang akan diperoleh oleh orang yang berdoa adalah sebagai ibadah kepada Allah Ta'ala, sebagaimana sabda Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasalam :

الدُّعَاءُ هُوَ العِبَادَةُ

Doa adalah ibadah(H.R at Tirmidzi, dinilai shahih oleh Syaikh al Albani).

Ketahuilah bahwa ibadah bermakna : Suatu istilah yang mencakup segala yang Allah cintai dan Allah ridhai berupa PERKATAAN DAN PERBUATAN  yang bathin maupun yang zhahir. (Majmu' Fatawa, Ibnu Taimiyah).

Selain itu ketahuilah bahwa ketika seseorang berdoa antara adzan dan iqamah itu adalah salah satu bukti mengamalkan sunnah.
Sungguh, saudaraku, ketika seorang hamba menghidupkan sunnah Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  maka  dia sangat beruntung yaitu  AKAN BERSAMA BELIAU DI SURGA yaitu sebagaimana sabda beliau :

 من أحيا سنتي فقد أحبني ومن أحبني كان معي في الجنة .

Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku maka dia telah mencintaiku. Barangsiapa mencintaiku maka dia akan bersamaku di surga. (H.R at Tirmidzi).

Oleh karena pergunakanlah kesempatan baik ini untuk yang bermanfaat  yaitu  berdoa antara adzan dan iqamah. Wallahu A'lam. (3.156)     

 

 



 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar