Sabtu, 30 Desember 2023

BERDAKWAH MESTILAH MEMENUHI KAIDAH YANG BENAR

 

BERDAKWAH MESTILAH MEMENUHI KAIDAH YANG BENAR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Ketika seseorang memiliki ilmu yang banyak, ilmu yang sedikit ataupun masih sangat sedikit SANGATLAH DIANJURKAN UNTUK BERDAKWAH sesuai kemampuannya. Kenapa ?, karena sungguh DAKWAH DI JALAN ALLAH adalah merupakan amal shalih yang sangat mulia, ketaatan yang sangat agung dan ibadah yang tinggi kedudukannya di sisi Allah Ta'ala.  

Sungguh Allah Ta’ala memuji  orang orang yang mengajak atau menyeru kepada kebaikan. Allah berfirman : 

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلا مِمَّنْ دَعَا إِلَى اللَّهِ وَعَمِلَ صَالِحًا وَقَالَ إِنَّنِي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Dan siapakah yang yang lebih baik perkataannya daripada orang orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan amal shalih dan berkata : Sungguh aku termasuk orang orang yang berserah diri.  (Q.S Fussilat 33).

Diantara keutamaan berdakwah atau menyeru kepada kebaikan disebutkan dalam satu hadits Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Barangsiapa yang MENUNJUKKAN KEPADA KEBAIKAN maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya. (H.R Imam Muslim).

Bahkan pahala orang yang diajak kepada kebaikan atau yang didakwahi  tidak berkurang sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam :

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا

Barangsiapa memberi petunjuk pada kebaikan, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengikuti ajakannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun juga. (H.R Imam Muslim)

Nah, ketika seseorang ingin berdakwah atau memberi nasehat kepada kaum muslimin ada beberapa kaidah yang sangat   baik dan benar benar perlu untuk diperhatikan, diantaranya :

Pertama : Aqidahnya benar.

Aqidahnya benar atau selamat aqidahnya. Seseorang yang berdakwah maka wajib baginya meyakini kebenaran aqidah salaf tentang Rububiyah, Uluhiyah, Asma wa Sifat serta semua yang berkaitan dengan masalah aqidah dan iman.

Kedua : Manhajnya benar.

Yaitu memahami al Qur an dan as Sunnah sesuai dengan pemahaman Salafush Salih. Dan juga mengikuti prinsip dan kaidah yang telah ditetapkan oleh ulama Salaf.

Ketiga : Beramal dengan benar.

Seorang yang berdakwah, mengajak ummat kepada Islam yang benar maka dia harus BERAMAL DENGAN BENAR yaitu beramal semata mata IKHLAS KARENA ALLAH TA'ALA DAN ITTIBA' YAITU MENGIKUTI CONTOH DARI RASULULLAH SALALLAHU 'ALAIHI WASALLAM. Tidak melakukan bid'ah baik secara i'tiqad (keyakinan) maupun perbuatan atau perkataan. (Lihat al Wajiz fii Aqidah Salafish Shalih).

Wallahu A'lam. (3.189).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar