Senin, 25 Desember 2023

HAMBA ALLAH SELALU BERDOA MEMOHON TAMBAHAN ILMU

 

HAMBA ALLAH SELALU BERDOA MEMOHON TAMBAHAN ILMU

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, hamba hamba Allah merasa SANGAT INGIN MENDAPAT tambahan ilmu yang bermanfaat untuk diamalkan agar mendapat keselamatan hidup di dunia dan di akhirat. Ketahuilah bahwa    ilmu ibarat lautan yang tak pernah bertepi. Semakin dalam seseorang mengarungi lautan ilmu maka semakin sadar betapa dangkalnya ilmu yang dia miliki.

Oleh karena itu, hamba hamba Allah selalu berdoa dan memohon kepada Allah Ta'ala agar diberi ilmu yang bermanfaat. Diantara doa yang diajarkan oleh Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam dalam perkara ini adalah :

(1) Dari riwayat Ibnu Suni dan Ibnu Majah.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang manfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima.

(2) Dari Riwayat Imam at Tirmidzi  dan Ibnu Majah :

           وَعَلِّمْنِيْ مَايَنْفَعُنِيْ وَ زِدْنِيْ عِلْمًا    اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي,

Ya Allah, berilah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku, Dan tambahkanlah ilmu kepadaku.

Selain itu,  Abdullah  bin Humaid rahimahullah dan Said bin Manshur rahimahullah meriwayatkan bahwa Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu pernah berdoa :

اَللَّهُمَّ زِدْنِيْ إِيْمَاناً وَفِقْهاً وَيَقِيْناً وَعِلْماً

Ya Allah, berilah aku tambahan iman, pemahaman, keyakinan dan ilmu.

Sungguh, berdoa dan memohon kepada Allah Ta'ala terutama sekali agar diberi tambahan nikmat dan dijauhkan dari keburukan adalah diperintahkan Allah Ta'ala yaitu sebagaimana firman-Nya :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabb-mu berfirman : Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina. (Q.S al Ghafir 60).

Ketahuilah wahai Saudaraku, bahwa berdoa untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat MEMANG SANGAT DIANJURKAN. Bahkan berdoa itu mendatangkan pahala dan kebaikan karena doa adalah ibadah sebagaimana sabda Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasalam :

الدُّعَاءُ هُوَ العِبَادَةُ

Doa adalah ibadah(HR. Tirmidzi no. 2969. Dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Tetapi satu hal penting yang harus dipahami adalah bahwa BERDOA HARUSLAH DIIKUTI DENGAN USAHA YANG SUNGGUH SUNGGUH. Oleh karena itu ketika seorang hamba berdoa untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat maka HARUS DIBUKTIKAN DENGAN KEGIATAN UNTUK MENDAPATKANNYA. Diantaranya adalah selalu berusaha hadir di majlis ilmu, selalu membaca buku buku yang bermanfaat seperti kitab kitab tafsir, kitab hadits. Dan juga bisa mengambil ilmu dari media sosial yaitu ilmu ilmu yang disyariatkan.

Wallahu A'lam. (3.183)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar