Jumat, 08 Desember 2023

JATUH KEPADA MAKSIAT KARENA TIDAK ADA RASA TAKUT KEPADA ALLAH

 

JATUH KEPADA MAKSIAT KARENA TIDAK ADA RASA TAKUT KEPADA ALLAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, pokok pangkal dari perbuatan maksiat yang dilakukan manusia adalah KARENA TIDAK ADA RASA TAKUTNYA KEPADA ALLAH. Akibatnya mereka terus menerus berbuat maksiat.

Bahkan terkadang mereka lupa bahwa perbuatan buruk yang mereka lakukan dianggap sebagai perbuatan biasa saja. Mereka seperti tak punya beban untuk melakukan maksiat. Selain itu, dengan perbuatan maksiat mereka menzhalimi diri sendiri dan juga bisa  menzhalimi orang lain.

Ketahuilah bahwa takut kepada Allah Ta'ala adalah amalan  hati yang wajib dipelihara oleh setiap hamba.  Takut kepada Allah akan membimbing seseorang untuk melakukan ketaatan kepada Allah Ta'ala. Orang yang takut kepada Allah Ta'ala  akan selalu menjalankan  perintah-Nya dan menghindari semua larangan-Nya.

Kenapa seseorang sepertinya TIDAK TAKUT KEPADA ALLAH TA'ALA ?. Imam Ibnul Qayyim berkata : Kurangnya rasa takut seseorang kepada Allah Ta'ala dikarenakan KURANGNYA PENGETAHUANNYA TENTANG ALLAH TA'ALA. Jadi orang yang paling takut kepada Allah adalah yang paling tahu atau paling mengenal tentang Allah Ta'ala. Perhatikanlah perkara berikut ini :

(1) Ketahuilah malaikat adalah makhluk yang TAKUT KEPADA ALLAH, karena mereka sangat mengenal tentang Allah Ta'ala. Allah Ta'ala berfrman :

يَخَافُونَ رَبَّهُم مِّن فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Mereka takut kepada Rabb yang (berkuasa) di atas mereka dan (mereka) melaksanakan apa yang diperintahkan.  (Q.S an Nahl 50).

(2) Sungguh, Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam adalah hamba Allah yang PALING TAKUT KEPADA ALLAH karena beliau PALING MENGETAHUI TENTANG ALLAH. Beliau bersabda :

إني أعلمكم بالله وأشدكم له خشية

Sesungguhnya aku yang paling mengenal Allah dan paling takut kepada-Nya. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

(3) Dan juga ketahuilah bahwa orang orang yang berilmu adalah orang yang memiliki rasa takut yang sebenarnya kepada Allah Ta'ala, yaitu sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya :

 إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ ۗ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ

Diantara hamba hamba Allah yang takut kepada-Nya HANYALAH PARA ULAMA. Sungguh Allah Mahaperkasa, Maha Pengampun. (Q.S Fathir 28).

Beliau, Imam Ibnul Qayyim juga menjelaskan beberapa perkara yang membuat manusia takut kepada Allah Ta'ala : (1) Pengetahuan seorang hamba tentang dosa dan perbuatan maksiat. (2) Percaya kepada ancaman bahwa Allah Ta'ala menimpakan siksa karena perbuatan maksiat. (3) Ketidaktahuan seseorang, mungkin (membuat) ia tidak sempat bertaubat atau dijauhkan dari taubat, jika ia mengerjakan dosa.

Kuat lemahnya ketiga sebab tersebut sangat menentukan kuat lemahnya rasa takut seseorang kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. (Dinukil dari Kumpulan Tulisan Ibnul Qayyim).

Wallahu A'lam. (3.162)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar