Rabu, 13 Desember 2023

JANGAN LALAI BERTAUBAT UNTUK MENUTUP DOSA

 

JANGAN LALAI BERTAUBAT UNTUK MENUTUP DOSA 

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

 Sungguh Allah Ta’ala yang Maha Pengasih telah mengingatkan agar manusia senantiasa mohon ampun dan bertaubat dari segala dosa  dan keburukan yang dilakukan. 

 (1) Allah Ta’ala berfirman : 

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا تُوبُوا إِلَى اللهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا اْلأَنْهَارُ

Wahai orang-orang yang beriman !.  Bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabb-mu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. (Q.S at Tahrim 8).

(2) Allah Ta’ala berfirman : 

وَتُوبُوا إِلَى اللهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung. (Q.S an Nur 31). 

(3) Allah Ta’ala berfirman : 

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَىٰ أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ ۖ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ

Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabb-mu dan bertaubat kepada-Nya, (jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu, hingga pada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sungguh aku takut, kamu akan ditimpa siksa hari Kiamat. (Q.S Huud 3). 

(4) Dalam satu hadits Qudsi, Allah Ta’ala mengingatkan bahwa manusia berbuat dosa malam dan siang artinya terus menerus berbuat dosa. Lalu Allah Ta’ala berjanji akan mengampuni hamba hamba-Nya yang senantiasa memohon ampun. 

يا عبادي إنكم تخطئون في الليل والنهار وأنا أغفر الذنوب جميعاً فاستغفروني أغفر لكم

Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat dosa pada malam dan siang, dan Aku mengampuni semua dosa, maka minta ampunlah kepada-Ku niscaya Aku akan mengampuni kalian.(H.R Imam Muslim). 

(5) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memerintahkan umatnya untuk senantiasa bertaubat kepda Allah Ta’ala, yaitu sebagaimana sabda beliau : 

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:   يَا أَيُّهَا النَّاسُ، تُوْبُوْا إِلَى اللهِ وَاسْتَغْفِرُوْهُ، فَإِنِّيْ أَتُوْبُ إِلَى اللهِ وَأَسْتَغْفِرُهُ فِي كُلِّ يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ

Rasulullah Shalllallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Wahai sekalian manusia, bertaubatlah kalian kepada Allâh dan mintalah ampun kepada-Nya, karena sesungguhnya aku bertaubat kepada Allah dan minta ampun kepada-Nya setiap hari sebanyak seratus kali. (H.R Imam Muslim)

Oleh karena itu maka setiap hamba hendaklah banyak dan BERSEGERA memohon ampun dan bertaubat kepada Allah Ta’ala. Sungguh Allah Ta’ala telah mengingatkan dalam firman-Nya : 

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu mencari  ampunan dari Rabb-mu dan mendapat surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang orang yang bertakwa. (Q.S Ali Imran 133).

Ketahuilah saudaraku, bahwa ketika kita wafat lalu membawa dosa maka di akhirat kelak tidak ada lagi kesempatan memohon ampun. Oleh karena itu sebelum dimasukkan ke surga maka dosa dosa kita dihapus dulu yaitu dengan cara dibakar dengan api neraka. Na'udzubillah min dzaalik. 

Wallahu A’lam. (3.169)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar