Selasa, 25 Februari 2020

HATI YANG SEHAT RINDU UNTUK BERIBADAH


HATI YANG SEHAT RINDU UNTUK TERUS BERIBADAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Dari An Nu’man bin Basyir radhiyallahuanhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati. (H.R Imam Bukhari no. 52 dan Imam Muslim no. 1599)

Para ulama menyebutkan bahwa hati manusia berada dalam berbagai keadaan.  Ada hati yang sakit,  hati yang mati, hati yang tertutup, hati yang terbalik dan HATI YANG SEHAT.

Selain itu ternyata ada pula hati yang keras bahkan lebih keras dari batu sebagaimana firman Allah Ta’ala : 

ثُمَّ قَسَتْ قُلُوبُكُمْ مِنْ بَعْدِ ذَٰلِكَ فَهِيَ كَالْحِجَارَةِ أَوْ أَشَدُّ قَسْوَةً ۚ

Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras, sehingga (hatimu) seperti batu bahkan lebih keras. (Q.S al Baqarah 74).

Syaikh as Sa’di berkata : Allah Ta’ala menerangkan kekerasan hati mereka yaitu bahwa ia “seperti batu” (bukan)  daripada besi karena besi dan timah apabila dibakar niscaya meleleh. Berbeda dengan batu, dan firman-Nya : “Atau lebih keras lagi”, maksudnya bahwa ia tidaklah terbatas hanya sekeras batu dan (atau) tidaklah bermakna “bal” (bahkan). Tafsir Taisir Karimir Rahman.

Selanjutnya ketahuilah bahwa diantara tanda  hati seseorang itu sehat adalah sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnul Qayyim :

Pertama : Dia selalu merasa rindu untuk beribadah kepada Allah Ta’ala.

Kedua : Dia merasa takut jika amalnya ditolak sehingga dia terus berusaha memperbagus amalnya dan selalu berdoa agar amalnya diterima.

Oleh sebab itu seorang hamba akan selalu  menjaga imannya sehingga  hatinya akan sehat dan selalu beramal dengan baik yaitu : (1)  Mengikhlaskan niat beribadah kepada hanya Allah Ta’ala, dan (2)  Beribadah dengan cara yang diajarkan Rasulullah. 

Semoga Allah memberikan taufik kepada kita agar memiliki iman yang kokoh, hati yang sehat sehingga menjadi hamba yang selalu rindu beribadah dengan baik. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.899)  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar