Minggu, 09 Februari 2020

MEMOHON AMPUN DAN BERDOA AGAR MENDAPAT RAHMAT ALLAH


MEMOHON AMPUN DAN BERDOA  AGAR MENDAPAT 
RAHMAT ALLAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, kebaikan apapun yang kita peroleh ketika  di dunia terlebih lagi di akhirat kelak adalah DISEBABKAN RAHMAT ATAU KASIH SAYANG ALLAH SEMATA. Oleh karena itu setiap hamba senantiasa membutuhkan dan SANGAT MENGHARAPKAN rahmat-Nya. 

Ketahuilah bahwa seorang hamba yang telah sangat banyak beribadah tetap membutuhkan rahmat  untuk bisa masuk ke surga. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : 

أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَقُولُ « لَنْ يُدْخِلَ أَحَدًا عَمَلُهُ الْجَنَّةَ » . قَالُوا وَلاَ أَنْتَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « لاَ ، وَلاَ أَنَا إِلاَّ أَنْ يَتَغَمَّدَنِى اللَّهُ بِفَضْلٍ وَرَحْمَةٍ

Sesungguhnya Abu Hurairah berkata, ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Amal seseorang tidak akan memasukkan seseorang ke dalam surga. Engkau juga tidak wahai Rasulullah ?, tanya beberapa sahabat. Beliau menjawab : Aku pun tidak. Itu semua hanyalah karena karunia dan rahmat Allah. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Dalam al Qur an sangatlah banyak cara dan amalan yang diajarkan Allah Ta’ala melalui Rasul-Nya  agar hamba hamba-Nya memperoleh rahmat. Satu diantaranya adalah dengan SENANTIASA MEMOHON AMPUN. Allah Ta’ala  berfirman :
 
قَالَ يَا قَوْمِ لِمَ تَسْتَعْجِلُونَ بِالسَّيِّئَةِ قَبْلَ الْحَسَنَةِ ۖ لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Dia (Nabi Shalih) berkata : Wahai kaumku !. Mengapa kamu meminta keburukan  sebelum (kamu meminta) kebaikan ?. Mengapa kamu  tidak memohon ampunan kepada Allah agar kamu mendapat rahmat ?. (Q.S an Naml 46)

Syaikh as Sa’di berkata : “Mengapa kamu  tidak memohon ampunan kepada Allah” Maknanya yaitu kalian bertaubat dari kesyirikan dan kedurhakaan kalian, dan kalian berdoa agar Dia mengampuni kalian, “agar kamu mendapat rahmat”, karena sesungguhnya RAHMAT ALLAH SANGAT DEKAT kepada orang orang yang berbuat kebaikan. Dan orang yang bertaubat dari dosa termasuk orang yang berbuat kebaikan. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).  

Selain itu, seorang hamba sangatlah di anjurkan  banyak berdoa agar memperoleh rahmat Allah Ta’ala, terutama dengan doa doa yang diajarkan Allah Ta’ala yang disebutkan dalam al Qur-an, diantaranya adalah :
 
Pertama : Dalam surat al Kahfi 10.

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Ya Rabb kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.

Kedua : Dalam surat Ali Imran 8.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
Ya Rabb kami janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. 

Ketiga : Dalam surat al Mu’minun 109.

رَبَّنَا آمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

Ya Rabb kami, kami telah beriman maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat. Engkau adalah pemberi rahmat yang terbaik.

Keempat : Dalam surat al Mu’minun 118.

رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

Ya Rabb-ku, berilah ampunan dan (berilah) rahmat, Engkaulah pemberi rahmat yang terbaik.

Oleh karena itu setiap hamba hendaklah terus menerus  memohon ampun dan banyak berdoa agar rahmat Allah selalu datang setiap saat. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.883)   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar