Selasa, 18 Februari 2020

BERIMAN DAN BERAMAL SHALIH DAPAT BERITA GEMBIRA DENGAN SURGA


BERIMAN DAN BERAMAL SHALIH DAPAT BERITA GEMBIRA
DENGAN SURGA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta’ala memberikan berita gembira   bahwa orang orang beriman dan beramal shalih  MASUK SURGA   DENGAN SELAMAT.  Allah Ta’ala berfirman :
  
وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ

Dan sampaikanlah KABAR GEMBIRA kepada orang orang yang beriman dan beramal shalih bahwa untuk mereka (disediakan) surga surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai.  (Q.S al Baqarah 25).

Syaikh as Sa’di berkata : Dalam ayat ini disebutkan beberapa unsur : (1) Pemberi kabar gembira. (2) Penerima kabar gembira (3) Hal yang menjadi kabar gembira serta sebab yang menyampaikan kepada berita gembira.

Maka : (1) Pemberi kabar gembira adalah Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  ataupun umatnya yang berada pada posisinya. (2) Penerima kabar gembira adalah ORANG ORANG BERIMAN YANG BERAMAL SHALIH, sedangkan (3) hal yang menjadi kabar gembira itu adalah surga surga yang telah dijelaskan sifat sifatnya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman). 

Dan juga Allah Ta’ala berfirman : 

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيرُ

Sungguh orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai. Itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Buruj 11).

Tentang ayat ini, Syaikh Muhammad Shalih al Utsaimin berkata : “Sesungguhnya orang orang beriman…”. Yaitu yang beriman kepada Allah Ta’ala,  Malaikat Malaikat-Nya,  Kitab kitab-Nya, Rasul rasul-Nya dan  hari akhirat dan beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk.

Itulah iman seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam ketika malaikat Jibril bertanya kepada beliau. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab :

أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ، وَمَلَائِكَتِهِ، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ، وَالْيَوْمِ الْآخِرِ، وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ

Engkau beriman kepada (1) Allah, (2) malaikat-Nya, (3) Kitab kitab-Nya, (4) Para Rasul-Nya, (5) Hari akhir, dan beriman kepada (6) Takdir,  takdir yang baik maupun takdir yang buruk. (H.R Imam Muslim).

Kemudian : Firman Allah : “…. dan beramal shalih” maksudnya adalah mereka yang mengerjakan amal shalih. Yaitu amal yang dibangun atas : (1) Niat ikhlas lillah semata dan mengikuti syariat-Nya. (Tafsir Juz ‘Amma, surat al Buruj).

Oleh karena itu setiap hamba hendaklah selalu menjaga IMAN YAITU IMAN YANG MELAHIRKAN AMAL SHALIH. Jadi bukan sekedar iman tapi iman yang disempurnakan dengan amal shalih.  Amal shalih yang betul betul  ikhlas karena Allah Ta’ala dan ittiba’ kepada Rasulullah. Itulah orang orang yang mendapat berita gembira dengan surga milik Allah Ta’ala.

Insya Alah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.891) 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar