Senin, 24 Februari 2020

DOA MEMOHON AMPUN DAN MENGHARAP RAHMAT ALLAH


DOA MEMOHON AMPUN DAN MENGHARAP RAHMAT ALLAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman setiap saat sangat berharap kebaikan bagi diri, keluarga dan yang lainnya yaitu melalui doa kepada Allah Ta’ala. Dan Allah Ta’ala juga menyuruh hamba hamba-Nya untuk memohon dan meminta kepada-Nya. Allah Ta’ala berfirman :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabb-mu berfirman : Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan mask neraka Jahanam dalam keadaan hina dina. (Q.S al Ghafir 60).

Allah Ta’ala berfirman :

وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S an Nisa’ 32)

Ketahuilah bahwa sangatlah dianjurkan berdoa dengan lafazh lafazh doa dalam al Qur an dan juga as Sunnah karena ini lebih.  Memang tidak ada larangan menggunakan lafazh yang dibuat oleh para ulama  lafazh atau bacaan doa yang diinginkan seseorang. 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata : Manusia sepatutnya berdoa dengan berbagai syar’i yang terdapat dalam al Qur an dan as Sunnah, karena tidak disangsikan lagi akan keutamaan dan kebaikannya. Sesungguhnya itulah jalan yang lurus, jalan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiiqiin, syuhada, dan shalihin, dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. (al Fatawa).

Nah, setiap saat orang orang beriman selalu MEMOHON AMPUN kepada Allah Ta’ala dan sangat berharap pula RAHMAT DAN KASIH SAYANGNYA. Untuk itu Allah Ta’ala telah mengajarkan satu doa, sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya :

رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

Ya Rabb-ku berilah ampunan dan (berilah) rahmat, Engkaulah pemberi rahmat Yang Paling Baik. (Q.S al Mu’minuun 118). 

Syaikh as Sa’di berkata : “Ya Rabb-ku berilah aku ampun” untuk kami sehingga Engkau menyelamatkan kami dari (neraka) yang dibenci. Dan berilah kami rahmat agar Engkau menyampaikan kami kepada segala kebaikan DENGAN RAHMAT ENGKAU ya Allah.

“Dan Engkaulah pemberi rahmat YANG PALING BAIK”. Maka Allah-lah yang lebih baik pemberi rahmat untuk hamba. Lebih memberi rahmat atau kasih sayang terhadap hamba-Nya (melebihi) daripada kasih sayang seorang ibu kepada anaknya serta lebih memberi kasih sayang kepada dirinya daripada dirinya sendiri. 
(Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Insya Alah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.897)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar