Rabu, 26 Februari 2020

BERWUDHU DI RUMAH DAN BERJALAN KAKI KE MASJID


BERWUDHU DI RUMAH DAN BERJALAN KAKI KE MASJID

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Orang orang beriman yang telah terbiasa atau sudah memiliki keinginan yang kuat untuk shalat berjamaah di masjid sangatlah dianjurkan untuk : (1) Berwudhu di rumahnya. (2) Berjalan kaki ke masjid untuk shalat berjamaah. 

Memang tak ada larangan jika berwudhu di masjid. Apalagi di semua masjid di negeri kita disediakan tempat wudhu bahkan ada tempat wudhunya yang sangat bersih, bagus dan nyaman serta tersedia air yang cukup. Dan juga tak ada larangan naik kendaraan ke masjid meskipun masjidnya dekat.

Ketahuilah bahwa berwudhu di rumah dan berjalan kaki ke masjid memiliki nilai dan manfaat yang  banyak dan sangatlah baik untuk kita amalkan. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah menjelaskan perkara ini dalam beberapa sabda beliau, diantaranya :

Pertama : Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian berjalan ke salah satu rumah Allah (masjid) untuk melaksanakan kewajiban yang Allah tetapkan, maka kedua langkahnya, yang satu menghapus kesalahan dan satunya lagi meninggikan derajat. (H.R Imam Muslim).

Kedua : Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

“Jika salah seorang dari berwudhu, dia berwudhu dengan baik dan benar. Kemudian dia keluar menuju masjid maka dia tidak mengangkat kaki kanannya (untuk melangkah) kecuali Allah Ta’ala menuliskan satu kebaikan untuknya dan dia tidak menurunkan kaki kirinya kecuali Allah menghapus satu dosa darinya”. (H.R Abu Daud).

Selain itu, Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menjelaskan pula tambahan keutamaan berjalan kaki ke masjid untuk menunaikan shalat.   

Pertama : Beliau bersabda,

إِنَّ أَعْظَمَ النَّاسِ أَجْرًا فِي الصَّلاةِ أَبْعَدُهُمْ إِلَيْهَا مَمْشًى فَأَبْعَدُهُمْ

Sesungguhnya pahala orang yang terbesar dalam hal shalat adalah mereka yang paling jauh jarak jalan kakinya kemudian yang berikutnya. (H.R Imam Muslim).

Kedua : Beliau bersabda,

وَكُلُّ خَطْوَةٍ تَمْشِيهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ

Setiap langkah berjalan (ke masjid) untuk menunaikan shalat adalah sedekah. (H.R Imam Muslim)

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin berkata : Setiap langkah kaki menuju shalat adalah sedekah baik jarak yang jauh maupun dekat. (Syarh Arba’in an Nawawiyah).

Oleh karena orang orang beriman sangat dianjurkan untuk berwudhu di rumahnya dan JIKA TIDAK MEMBERATKAN maka hendaknya berjalan kaki menuju masjid untuk shalat berjamaah.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.902)      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar