Minggu, 29 September 2019

ORANG BERIMAN DAN BERAMAL SHALIH ADALAH SEBAIK BAIK MAKHLUK


ORANG BERIMAN DAN BERAMAL SHALIH ADALAH
SEBAIK BAIK MAKHLUK

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Allah Ta’ala telah menetapkan bahwa sebaik baik makhluk dan akan mendapat balasan berupa surga adalah orang yang BERIMAN DAN BERAMAL SHALIH. Dan Allah Ta’ala ridha kepada mereka. Allah Ta’ala telah menjelaskan hal ini dalam firman-Nya :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَٰئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ
جَزَاؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۖ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ۚ ذَٰلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ

Sungguh, orang orang yang beriman dan beramal shalih mereka itu adalah SEBAIK BAIK MAKHLUK. Balasan mereka disisi Rabb mereka ialah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai sungai. Mereka kekal di dalamnya selama lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang orang yang takut kepada Rabb-nya. (Q.S al Baiyinah 7-8)

Selain itu. Allah Ta’ala telah berfirman dalam banyak ayat al Quran yaitu menjelaskan tentang keutamaan orang orang beriman dan beramal shalih bahwa bagi mereka adalah surga dengan segala kenikmatannya. Bahkan orang orang beriman  kekal didalamnya. Perhatikanlah firman Allah Ta’ala berikut ini :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَخْبَتُوا إِلَىٰ رَبِّهِمْ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
  
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan merendahkan diri kepada Rabb mereka, mereka itu adalah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (Q.S Huud 23).                                                                                        

Allah Ta’ala berfirman :
  
وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ

Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang orang yang beriman dan beramal shalih bahwa untuk mereka (disediakan) surga surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai.  (Q.S al Baqarah 25).

Syaikh as Sa’di berkata : Dalam ayat ini ibukan beberapa unsur : (1) Pemberi kabar gembira. (2) Penerima kabar gembira (3) Hal yang menjadi kabar gembira serta sebab yang menyampaikan kepadanya.

Maka pemberi kabar gembira adalah Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  ataupun umatnya yang berada pada posisinya. Penerima kabar gembira adalah ORANG ORANG BERIMAN YANG BERAMAL SHALIH, sedangkan hal yang menjadi kabar gembira itu adalah surga surga yang telah dijelaskan sifat sifatnya. (Tafsir Taisir Karimir Rahman). 

Allah Ta’ala berfirman : 

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيرُ

Sungguh orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai. Itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Buruj 11).

Allah Ta’ala berfirman :

فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَيُدْخِلُهُمْ رَبُّهُمْ فِي رَحْمَتِهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْمُبِينُ

Maka adapun ORANG ORANG YANG BERIMAN DAN MENGERJAKAN AMAL SHALIH maka Rabb mereka akan memasukkan mereka ke dalam rahmat-Nya (surga-Nya).
Demikian itulah kemenangan yang nyata. (Q.S al Jaasiyah 30)

Jadi cara yang paling bermanfaat untuk menjadi makhluk terbaik dan akan diberi surga adalah senantiasa  BERIMAN DAN BERAMAL SHALIH. Wallahu A’lam. (1.773).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar