Sabtu, 14 September 2019

BERWUDHU' DAN BERDOA SESUDAHNYA MEMBUKA PINTU SURGA


BERWUDHU DAN DOA SESUDAHNYA MEMBUKA
 PINTU SURGA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Satu ibadah  yang  sangat dianjurkan adalah membaca doa setelah wudhu’. Ketahuilah bahwa ketika seseorang menyempurnakan wudhu’ nya lalu berdoa maka akan dibukakan pintu surga yang delapan baginya dan dia boleh masuk dari pintu manapun yang dipilihnya.

Oleh karena itu maka sungguh merugi orang orang yang tak membaca doa setelah wudhu’. Diriwayatkan dari Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُسْبِغُ الْوَضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan : Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu. (Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah), kecuali Allah akan bukakan untuknya delapan pintu surga yang bisa dia masuki dari pintu mana saja yang dia suka. (H.R Imam Muslim dan yang selainnya).

Di dalam riwayat at Tirmidzi ada tambahan  doa setelah berwudhu’ yang juga shahih :

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِينَ

Ya Allah jadikanlah aku termasuk hamba-hambaMu yang  bertaubat dan mensucikan diri (H.R at Tirmizi dan Abu Dawud, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Nah, dengan bersandar kepada dua hadits diatas maka  lengkapnya doa setelah wudhu’ adalah :

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah jadikanlah aku termasuk hamba hamba-Mu yang  bertaubat dan mensucikan diri.

Sungguh sangat dianjurkan untuk banyak berdoa. Ketahuilah bahwa DOA ADALAH IBADAH yaitu sesuatu yang mendatangkan kebaikan dan pahala. Allah Ta’ala akan memberikan pahala kepada hamba hamba-Nya yang berdoa, baik doanya tersebut dikabulkan atau ditunda pengabulannya. 
Hal ini adalah karena doa termasuk ibadah, sebagaimana shalat atau puasa dan sedekah serta yang lainnya. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

الدُّعَاءُ هُوَ العِبَادَةُ

Doa adalah ibadah. (H.R at Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani).
Oleh karena itu hendaklah orang orang beriman senantiasa berdoa kepada Allah dalam setiap keadaannya, termasuk mengamalkan doa setelah berwudhu’ ini dengan kesungguhan hati.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.761)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar