Selasa, 24 September 2019

TETAPLAH TEGAR DI ATAS IMAN MESKIPUN BANYAK UJIAN


TETAPLAH TEGAR DI ATAS IMAN MESKIPUN BANYAK UJIAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh nikmat iman adalah nikmat sangat besar dan agung yang dianugerahkan Allah Ta’ala kepada hamba hamba yang dikehendaki-Nya. Kita saksikan bahwa tidaklah semua manusia mendapat nikmat iman ini. 

Oleh karena itu, ketika nikmat iman sudah mengendap di hati seseorang dan telah pula melahirkan amal shalih maka bersyukurlah kepada Allah Ta’ala. Tugas kita adalah menjaga dan merawatnya dengan cara yang paling baik.

Ketahuilah bahwa fitnah  atau ujian akan senantiasa datang kapan saja Allah Ta’ala berkehendak meskipun kita merasa sudah memiliki iman yang kokoh  dan ibadah yang kuat. 

Allah Ta’ala telah mengingatkan dalam firman-Nya :

أَحَسِبَ النَّاسُ أَنْ يُتْرَكُوا أَنْ يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ
وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ ۖ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan : Kami telah beriman, dan mereka tidak diuji ?. Dan sungguh, Kami telah menguji orang orang sebelum mereka maka Allah pasti mengetahui orang orang yang benar dan pasti mengetahui orang orang yang dusta. (Q.S al Ankabut 2)

Allah Ta’ala berfirman :

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ حَتَّىٰ نَعْلَمَ الْمُجَاهِدِينَ مِنْكُمْ وَالصَّابِرِينَ وَنَبْلُوَ أَخْبَارَكُمْ

Sungguh Kami benar benar akan menguji kamu sehingga Kami mengetahui orang orang yang benar benar berjihad dan bersabar diantara kamu dan akan Kami uji perihal kamu. (Q.S Muhammad 31).

Ketahuilah bahwa  di akhir zaman, ternyata fitnah   semakin menjadi jadi baik fitnah terhadap diri, keluarga, harta bahkan agama. Ujian atau fitnah bisa jadi membuat lemah iman dan futur dalam ibadah.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam mengingatkan bahwa bisa jadi fitnah itu datang bagaikan potongan gelap malam. Bisa jadi pagi hari seorang masih beriman sore sudah kafir. Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda :

بَادِرُوا بِالأَعْمَالِ فِتَنًا كَقِطَعِ اللَّيْلِ الْمُظْلِمِ يُصْبِحُ الرَّجُلُ مُؤْمِنًا وَيُمْسِى كَافِرًا أَوْ يُمْسِى مُؤْمِنًا وَيُصْبِحُ كَافِرًا يَبِيعُ دِينَهُ بِعَرَضٍ مِنَ الدُّنْيَا

Bersegeralah melakukan amalan shalih sebelum datang fitnah (musibah, ujian) seperti potongan malam yang gelap. Yaitu seseorang pada waktu pagi dalam keadaan beriman dan di sore hari dalam keadaan kafir. Ada pula yang sore hari dalam keadaan beriman dan di pagi hari dalam keadaan kafir. Ia menjual agamanya karena sedikit dari keuntungan dunia.  (H.R Imam Muslim).

Bahkan fitnah itu bisa datang seutas demi seutas bagaikan anyaman tikar yaitu sebagaimana sabda Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam :

تُعْرَضُ الْفِتَنُ عَلَى الْقُلُوبِ كَالْحَصِيرِ عُودًا عُودًا

Fitnah-fitnah akan mendatangi hati bagaikan anyaman tikar yang tersusun seutas demi seutas. (H.R Imam Muslim).

Ketahuilah bahwa iman yang kokoh dan melahirkan amal shalih akan mendatangkan kehidupan yang baik. Allah Ta’ala berfirman :

مَنْ عَمِلَ صَٰلِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُۥ حَيَوٰةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

Barangsiapa yang beramal saleh, laki laki atau perempuan sedangkan dia beriman, akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S an Nahal 97).

Imam Ibnu Katsir berkata : Inilah janji dari Allah Ta’ala bagi orang yang mengerjakan amal shalih, yaitu amal yang mengikuti al Qur an dan as Sunnah, baik laki laki maupun wanita yang hatinya beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.

Amal yang diperintahkan itu telah disyariatkan dari sisi Allah, yaitu Dia akan memberinya kehidupan yang baik di dunia di dunia dan memberikan balasan di akhirat kelak dengan balasan yang lebih baik dari pada apa yang telah dikerjakannya. (Tafsir Ibnu Katsir).

Sungguh secara jelas dan tegas  Allah Ta’ala telah menjanjikan surga bagi orang yang  berada  diatas iman yaitu iman yang melahirkan amal shalih. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْكَبِيرُ

Sungguh, orang orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih, mereka akan mendapat surga yang mengalir di bawahnya sungai sungai, itulah kemenangan yang agung. (Q.S al Buruj 11).

Sungguh menjadi bertambah penting di zaman ini untuk tetap tegar di atas iman meskipun banyak fitnah. Diantara cara yang sangat dianjurkan  agar bisa lebih tegar adalah  tetap belajar ilmu agama dan mengamalkanya. Dan juga banyak bergaul dengan teman teman yang shalih yang selalu mengingatkan kepada kebaikan, kebenaran dan kesabaran. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.771)


   
 

1 komentar:

  1. Terimakasih sudah share, artikelnya mengispirasi,. Jangan lupa mampir http://bit.ly/2LmD7pO

    BalasHapus