Rabu, 11 September 2019

KEUTAMAAN DOA MASUK DAN KELUAR KAMAR MANDI


KEUTAMAAN DOA MASUK DAN KELUAR KAMAR MANDI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengajarkan banyak sekali lafazh  doa kepada kita. Diantaranya adalah doa masuk dan keluar kamar mandi. Doa ini diamalkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam, para sahabat dan umumnya orang orang beriman dari dahulu sampai sekarang. 

Pertama : Doa masuk ke kamar mandi. 

بِسْمِ اللهِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Dengan menyebut nama Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada Allah dari syaithan laki laki dan syaithan perempuan. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Kedua : Doa keluar dari kamar mandi.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia berkata :

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ « غُفْرَانَكَ ».

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau mengucapkan: Ghufranaka.  (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu). H.R Abu Daud, at Tirmidzi, Ibnu Majah dan ad Darimi, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Sebagian saudara saudara kita mungkin ada yang menganggap ringan tentang doa ini. Barangkali  ada pula yang yang mengatakan bahwa doa masuk dan keluar kamar mandi adalah pelajaran untuk murid TK dan PAUD. Benar pelajaran untuk murid TK dan PAUD tapi untuk kita adalah amalan.

Ketahuilah bahwa sangatlah banyak keutamaan yang didapat oleh orang orang yang istiqamah dalam mengamalkannya, diantaranya adalah :

Pertama :  Seorang yang membaca doa ini berarti dia telah menghidupkan dan mengamalkan sunnah yang shahih dan mencontoh atau ittiba’ kepada Rasulullah.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan anjuran khusus bagi orang yang selalu berusaha mengamalkan sunnah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, terlebih lagi sunnah yang telah ditinggalkan kebanyakan orang. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

من أحيا سنة من سنتي فعمل بها الناس، كان له مثل أجر من عمل بها، لا ينقص من أجورهم شيئا

Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun. (H.R Ibnu Majah, dishahihkan oleh Syaikh al Albani)

Kedua : Para ulama sangat menganjurkan kita untuk membaca doa doa dari al Qur an dan doa yang di ajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam  karena lebih utama. Dan ini termasuk diantara lafazh doa yang  utama karena Rasulullah yang mengajarkannya. 

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata : Manusia sepatutnya berdoa dengan berbagai syar’i yang terdapat dalam Al Quran dan as Sunnah, karena tidak disangsikan lagi akan keutamaan dan kebaikannya. Sesungguhnya itulah jalan yang lurus, jalan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi, shiddiiqiin, syuhada, dan shalihin, dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. (Al Fatawa)

Ketiga : Sebagai tanda cinta kita kepada Allah yaitu dengan  mengikuti apa yang diajarkan oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam. Allah Ta’ala  berfirman :

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Katakanlah (Muhammad) : Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa dosamu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (Q.S Ali Imran 31)
 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ

Dan Rabbmu berfirman, berdoalah kepadaKu, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. (Q.S al Mu’min 60).

Kelima : Sebagai tambahan ibadah yaitu dengan banyak berdoa. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

الدُّعَاءُ هُوَ العِبَادَةُ
 
Doa adalah ibadah. (H.R at Tirmidzi).

Demikianlah keutamaan doa masuk dan keluar kamar mandi dan orang orang beriman tentu tak akan mengabaikan doa ini karena ada kebaikan yang banyak padanya. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.758)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar