Kamis, 22 November 2018

MENDOAKAN KEBAIKAN UNTUK GURU GURU KITA



MENDOAKAN KEBAIKAN UNTUK GURU GURU KITA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh,  guru guru adalah orang yang memiliki jasa yang sangat banyak buat kita semua. Melalui guru  itulah kita  bisa mendapat ilmu sya’i dan ilmu ilmu lainnya yang bermanfaat bagi kita. 

Gurulah yang telah mengajarkan kita  memahami AQIDAH YANG LURUS, IBADAH YANG BENAR, AKHLAK YANG MULIA SERTA BERMUAMALAH SECARA PATUT. Bahkan hakikatnya melalui ilmu agama, guru telah mengajarkan kepada kita sesuatu yang SANGAT PENTING yaitu cara cara untuk selamat di dunia dan selamat di akhirat kelak. 

Sungguh sangatlah pantas kalau kita membalas kebaikan atau berterima kasih kepada mereka.  Dalam syariat Islam sangatlah dianjurkan untuk membalas setiap kebaikan. Apalagi kepada orang orang yang telah memberikan ilmu yang nilainya tidak bisa dibanding dengan materi. Oleh karena itu berterima kasihlah kepada guru guru.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak  (tahu) berterima kasih pada manusia. (H.R Abu Daud dan at Tirmidzi, dishahihkan oleh  Syaikh al Albani).

Salah satu CARA BERTERIMA KASIH KEPADA GURU adalah dengan mendoakan banyak kebaikan baginya. Perhatikanlah bagaimana orang orang terdahulu mendoakan guru gurunya. Diantaranya, Abu Bakar al Khalad berkata : Aku selalu berdoa kepada Allah di akhir shalatku untuk Imam as Syafi’i. (Siyar an Nubala’).

Selain itu, Rasulullah sangat menganjurkan untuk mendoakan saudara sesama muslim. Mendoakan saudara sesama muslim apalagi guru kita  maka manfaatnya juga akan kita peroleh. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
 
دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Doa seorang muslim untuk saudaranya (muslim lainnya) yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah. Di atas kepala orang muslim yang berdoa  tersebut terdapat seorang malaikat yang ditugasi menjaganya. Setiap kali orang muslim itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, niscaya malaikat yang menjaganya berkata : Aamiin (semoga Allah mengabulkan) dan bagimu hal yang serupa. (H.R Imam Muslim).

Dalam riwayat yang lain disebut :

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلاَّ قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Tidak ada seorang hamba pun yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata kepadanya : Dan bagimu seperti apa yang kamu mohon. (H.R Imam Muslim).

Oleh karena itu sangatlah bermanfaat ketika seseorang  mendoakan guru gurunya. Insya Allah kebaikannya akan didapat oleh guru yang didoakan dan juga untuk murid yang mendoakan. Wallahu A’lam. (1.463)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar