Sabtu, 24 November 2018

JANGAN MAU LEBIH BODOH DARI SEMUT ATAUPUN BURUNG


JANGAN MAU LEBIH BODOH DARI SEMUT ATAUPUN BURUNG

Oleh : Azwir B. Chaniago

Imam Ibnul Qayyim berkata : Semut selalu mempersiapkan bekal pada musim panas untuk musim hujan yang akan datang. Seekor burung, jika telah mengetahui bahwa pasangannya hamil maka dia segera  mencari dan mengumpulkan jerami untuk membangun sarang sebelum pasangannya bertelur. 

Lalu apa pendapatmu jika engkau sudah mengetahui tentang kedekatan perpindahanmu dari dunia ke alam kubur. Apakah engkau akan membawa tempat tidurmu tanpa persiapan amal.

Allah berfirman : “Waman ‘amila shaalihan fa lianfusihim yamhaduun.” Dan barangsiapa yang beramal shalih, maka mereka menyiapkan untuk diri mereka sendiri (tempat yang menyenangkan). Q.S ar Ruum 44.  (Kitab Badai’ul Fawa’id).

Nah seseorang yang tidak mempersiapkan segala sesuatu untuk bekal kembali ke negeri akhirat bisa jadi dia lebih bodoh dari semut ataupun burung.  Kenapa ? , karena dia sudah tahu dengan haqqul yaqin bahwa dia akan kembali ke negeri akhirat melalui pintu kematian tapi tak berusaha mempersiapkan bekal. 

Sungguh Allah Ta’ala telah mengingatkan agar manusia mempersiapkan bekal ketika masih berada di dunia. Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Wahai orang-orang yang beriman. Bertakwalah kalian kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok, dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (Q.S al Hasyr 18).

Lalu apa persiapan setiap hamba untuk kembali ke kampung akhirat dengan selamat. Ketahuilah bahwa  persiapan atau bekal  kita adalah :  Iman yang melahirkan amal shalih  atau Amal shalih yang dilandasi iman. Sungguh Allah Ta’ala telah menjelaskan hal ini dalam banyak ayat al Qur an, diantaranya :

Allah Ta’ala berfirman :

وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ ۖ         

Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang orang yang beriman dan beramal shalih bahwa untuk mereka (disediakan) surga surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai.  (Q.S al Baqarah 25).

Allah Ta’ala berfirman :

فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَيُدْخِلُهُمْ رَبُّهُمْ فِي رَحْمَتِهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْمُبِينُ

Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh maka Rabb mereka memasukkan mereka ke dalam rahmat-Nya (surga). Itulah keberuntungan yang nyata. (Q.S al Jaatsiyah 30).

Imam Ibnu Katsir berkata : Allah memberitahukan tentang keputusan yang Dia berikan kepada semua makhluk-Nya pada hari Kiamat kelak. “Adapun orang orang yang beriman dan beramal shalih, yakni hati mereka beriman lalu seluruh anggota badan mereka mengerjakan amal shalih (yaitu) yang dikerjakan secara tulus dan sesuai dengan syariat “maka Rabb mereka memasukkan mereka kedalam rahmat-Nya, yaitu surga. (Tafsir Ibnu Katsir).

Oleh karena itu orang orang beriman selalu berusaha mempersiapkan bekal untuk menuju ke kampung akhirat.  Sungguh dunia ini adalah tempat beramal dan hasilnya akan di petik di akhirat kelak. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.465).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar