Jumat, 02 November 2018

JANGAN MEMILIH PEMIMPIN YANG TAK MEMBELA ISLAM


JANGAN MEMILIH PEMIMPIN YANG TAK MEMBELA ISLAM

Oleh : Azwir B. Chaniago

Manusia adalah makhluk sosial yang butuh hidup berkelompok. Ada kelompok masyarakat kecil dan ada pula kelompok besar. Setiap kelompok  membutuhkan pemimpin.

Nah, ketika manusia mendapat kesempatan untuk memilih pemimpinnya maka tentu mereka akan memilih pemimpin yang berkenan di hatinya. Barangkali ada juga yang memilih pemimpin yang sebenarnya dia tidak suka.  Akan menguntungkan kelompok atau  pribadinya baik karena jabatan ataupun harta. Bisa juga terpaksa memilih pemimpin karena ditakut takuti ketika ada boroknya diketahui  dan dijadikan senjata oleh pemimpin tersebut. 

Namun demikian ketahuilah bahwa orang orang beriman akan mengutamakan untuk memilih pemimpin yang membela agamanya. Kenapa ?, karena Allah Ta’ala telah mengingatkan kewajiban  orang orang beriman untuk membela agama Allah. 

Sungguh Allah Ta’ala telah memerintahkan hamba hamba-Nya untuk menolong agama-Nya yaitu sebagaimana firman-Nya :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا أَنْصَارَ اللَّهِ كَمَا

Wahai orang orang yang beriman jadilah kamu penolong (agama) Allah. (Q.S ash Shaff 14).

Apa makna penolong Allah ?. Syaikh as Sa’di antara lain menjelaskan bahwa jadilah kamu penolong bagi agama Allah yaitu melalui PERKATAAN DAN PERBUATAN DENGAN GIGIH MENEGAKKAN AGAMA ALLAH. Termasuk menolong agama Allah adalah mempelajari kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya serta mengajarkannya, mendorong orang lain untuk   mempelajarinya serta mengajarkannya serta menyuruh kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Jadi diantara bentuk menolong agama Allah adalah MELALUI PERKATAAN DAN PERBUATAN DENGAN GIGIH DAN USAHA YANG SUNGGUH SUNGGUH. 

Orang beriman wajib membela agama ini ketika agama ini dihina, dilecehkan  BAHKAN AKAN DIRUSAK oleh musuh musuhnya. Lalu bagaimana dan seperti apa pembelaan yang bisa dilakukan. Ini tentu disesuaikan dengan kedudukan dan kemampuan masing masing.

Diantara cara menolong agama Allah adalah pada saat ada kesempatan memilih pemimpin  maka : 

(1) Orang orang beriman berkewajiban menjelaskan kepada orang di lingkungannya tentang siapa calon pemimpin YANG TAK PANTAS DIPILIH, agar orang orang tidak tertipu dengan kemungkinan adanya promosi bohong serta pencitraan  dari calon pemimpin. 

(2) Ketika ada calon pemimpin yang terlihat TAK MEMBELA ISLAM maka ORANG BERIMAN tak pantas memilihnya karena ujung ujungnya akan merusak Islam. Kalau kita memilihnya berarti kita bersekongkol dan bekerja sama dengannya untuk berbuat keburukan terhadap Islam. Tentu sangatlah besar adzab dari Allah yang akan kita terima. Takutlah kepada Allah Ta’ala.

(3) Apalagi kalau sudah jelas bahwa calon pemimpin itu didukung oleh ORANG ORANG KAFIR DAN MUNAFIK SERTA ORANG ORANG YANG MEMUSUHI ISLAM maka menjadi KEWAJIBAN PENTING bagi orang orang beriman untuk TIDAK MEMILIHNYA MENJADI PEMIMPIN.

 Sungguh Allah Ta’ala telah mengingatkan dalam firman-Nya : 

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan kebajikan) dan takwa. Dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pemusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah SANGAT BERAT SIKSAANNYA. (Q.S al Maidah 2).

Sungguh sangat besar kebaikan  yang akan mendatangi para penolong agama Allah.  Diantaranya, Allah Ta’ala telah berjanji untuk menolong  orang yang menolong agama Allah yaitu sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya :

وَلَيَنصُرَنَّ ٱللَّهُ مَن يَنصُرُهُۥٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَقَوِىٌّ عَزِيزٌ

Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Mahakuat lagi Mahaperkasa. (Q.S  al Hajj  40).

Syaikh as Sa’di berkata : (Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama) Nya), yaitu orang yang melakukan pembelaan terhadap agama-Nya dengan ikhlas kepada-Nya dalam melaksanakannya. Berjuang di jalan-Nya agar kalimatullah-lah yang paling tinggi. Sesungguhnya tumpuan kalian yang kuat lagi perkasa dan tempat bergantung kalian ialah Dzat yang menciptakan kalian dan menciptakan apa yang telah kalian kerjakan. Maka tempuhlah langkah langkah yang diperintahkan-Nya untuk dilakukan. Kemudian mintalah kemenangan dari-Nya. Sudah mesti Dia akan menolong kalian. (Tafsir Taisir Karimir Rahman).

Selain itu Allah berjanji akan meneguhkan kedudukan orang yang beriman yang senantiasa berusaha menolong (agama) Allah. Allah berfirman : 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Wahai orang orang yang beriman !. Jika kamu menolong (agama) Allah niscaya Dia akan menolongmu dan MENEGUHKAN KEDUDUKANMU. (Q.S Muhammad 7).
Oleh karena itu maka orang orang beriman TAK AKAN PERNAH MEMILIH PEMIMPIN YANG TAK MEMBELA AGAMA ALLAH. Ketika ada yang tak mengindahkan meskipun sudah ada yang mengingatkan maka tentu akan berhadapan dengan murka  Allah Ta’ala.

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.446)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar