Senin, 03 Juli 2017

MENCARI HARI YANG PALING BAIK



MENCARI HARI YANG PALING BAIK

Oleh : Azwir B. Chaniago

Sebagian masyarakat di negeri kita, jika mau melakukan suatu acara atau kegiatan misalnya untuk memulai suatu pekerjaan seperti mau melakukan perjalanan jauh, acara lamaran,  pernikahan dan yang lainnya, ada yang dengan susah payah mencari hari yang paling baik. Kebanyakan dengan melakukan hitungan hitungan tertentu lalu merasa telah mendapatkan hari yang paling baik untuk kegiatan yang akan dilaksanakannya.

Lalu adakah hari yang disebut hari baik dan hari yang tidak baik ?. Ketahuilah bahwa dalam satu riwayat disebutkan bahwa Ibnu Abbas pernah ditanya tentang hari yang paling baik. Beliau menjelaskan bahwa hari yang paling baik adalah saiyidul ayyam yakni hari Jum’at.

Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir, ia  berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Hari Jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari Jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari Jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari Jum’at juga Adam dimatikan, di hari Jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari Jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari Jum’at.” (H.R Imam Ahmad)

Dalam riwayat lain disebutkan pula bahwa seorang laki laki datang kepada Ali bin Abi Thalib lalu bertanya : Bagaimana pendapat engkau tentang apa yang dikatakan Ibnu Abbas bahwa hari yang paling baik adalah hari Jum’at. Ali bin Abi Thalib menjawab : Kalau pertanyaan tentang hari yang paling baik jika ditujukan kepada ahli fiqih dan para ahli ilmu semua akan membenarkan keterangan Ibnu Abbas. Aku juga ikut membenarkannya. 

Kemudian Ali berkata : Aku ingin melengkapi pendapat Ibnu Abbas bahwa menurutku hari yang paling baik adalah : Hari ketika engkau keluar dari dunia ini dalam keadaan beriman.
 
Nah, jika menilik kepada penjelasan diatas ternyata bahwa semua hari adalah baik dan memang ada hari yang paling baik. Dalam hal ini tidaklah kita disuruh bersusah payah mencari hari baik untuk suatu kegiatan tertentu karena semua hari adalah baik. Tinggal bagaimana kita mengisi setiap hari ini dengan kebaikan sehingga betul betul menjadi hari yang terbaik dan berkah bagi kita. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.060)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar