Rabu, 26 Juli 2017

TIGA KERIDHAAN PEMBUKA PINTU SURGA



TIGA KERIDHAAN PEMBUKA PINTU SURGA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Setiap hamba memiliki tujuan utama dan paling puncak yaitu ingin memperoleh surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Untuk mendapatkannya sangatlah banyak jalan dan kesempatan  yang diberikan Allah Ta’ala khususnya kepada orang orang beriman.

Diantaranya adalah sebagaimana disebutkan dalam sabda Rasulullah Salallahu ‘alahi wasallam : "Barangsiapa yang ridha kepada Alah sebagai Rabbnya, Islam sebagai agamanya dan Muhammad sebagai Rasul-Nya, maka wajib baginya Surga." (H.R Imam Muslim).

Bahkan manisnya iman akan terasa dengan tiga keridhaan ini. Dari ‘Abbas bin ‘Abdil Muththalib radhiyallahu ‘anhu, bahwa dia telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Akan merasakan kelezatan/kemanisan iman, orang yang ridha kepada Allah  sebagai Rabbnya dan Islam sebagai agamanya serta (nabi) Muhammad sebagai Rasulnya” (H.R Imam Muslim)

Disamping itu Rasulullah salallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kita dalam rangkaian dzikir pagi dan petang untuk senantiasa membaca : “Radhiitu billahi rabbaa, wa bil islaami diinaa, wa bi muhammadin salallahualaihi wa sallama nabiyaa.” Aku ridha Allah sebagai Rabbku, Islam sebagai agamaku dan Muhammad salallahu ‘alaihi wasallam sebagai Nabiku. ( H.R Imam at Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Dalam syarah shahih Muslim diantaranya dijelaskan makna tentang tiga keridhaan  dimaksud, yakni :

Pertama : Ridha kepada Allah sebagai Rabbb, maknanya adalah ridha terhadap segala perintah dan laranganNya, ridha kepada ketetapan dan pilihan-Nya serta ridha kepada apa yang diberi dan dicegah-Nya.

Kedua :  Ridha Islam sebagai agama, maknanya adalah merasa cukup dengan mengamalkan syariat Islam dan tidak akan berpaling kepada selain Islam.

Ketiga : Ridha kepada Nabi Muhammad sebagai Rasul, maknanya hanya  mencukupkan diri dengan mengikuti petunjuk dan sunnah beliau dalam beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah dan tidak menginginkan selain petunjuk dan sunnah beliau.  

Oleh karena itu seorang hamba yang beriman akan tetap menjaga keridhaan ini yang akan membuka pintu surga baginya. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.079)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar