Minggu, 31 Maret 2019

PERTEMANAN DENGAN ORANG ORANG SHALIH


PERTEMANAN DENGAN ORANG ORANG SHALIH

Oleh : Azwir B. Chaniago

Dalam menjalani kehidupan manusia butuh teman. Sangatlah tidak nyaman jika seseorang tidak memiliki teman. Cuma saja untuk berteman secara akrab hendaklah seseorang itu memperhatikan siapa saja temannya. Tidaklah dianjurkan untuk berteman akrab dengan semua orang.

Ketahuilah bahwa teman akrab akan banyak memberikan pengaruh kepada agama seseorang. Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengingatkan tentang hal ini dalam sabda beliau : 

المرء على دين خليله فلينظر أحدكم من يخالل

Seseorang itu menurut agama teman dekatnya, maka hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya. (H.R Abu Daud dan at Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah)

Imam Ibnul Qayyim memberi nasehat agar seseorang itu berkumpul dan berteman dengan orang orang shalih. Diantara manfaatnya kata beliau adalah bahwa pertemanan dengan orang shalih akan MEMBUAT SESEORANG BERUBAH KEPADA KEBAIKAN  :

(1) Berubah dari keraguan dalam perkara agama menjadi yakin. (2) Berubah dari sikap riya dalam ibadah menjadi ikhlas. (3) Berubah dari keadaan lalai mengingat Allah menjadi senantiasa berdzikir. (4) Berubah dari cinta dunia menjadi cinta akhirat. (5) Berubah dari sombong menjadi tawadhu’. (6) Berubah dari mudharat menjadi mashlahat.

Begitulah pengaruh pertemanan dalam kehidupan. Jadi berusahalah dengan sungguh sungguh untuk  berteman dengan dengan orang shalih dan jagalah pertemanan dengan mereka agar langgeng.  

Imam asy Syafi’i memberi nasehat agar kita senantiasa memelihara pertemanan dengan orang beriman. Beliau berkata :

إذا كان لك صديق يعينك على الطاعة فشد يديك به فإن اتخاذ الصديق صعب ومفارقته سهل

Jika engkau memiliki teman yang membantumu dalam ketaatan maka genggamlah dia erat erat, karena menjadikan teman itu susah dan melepasnya sangat mudah. (Hilyah al Auliya’).

Selain itu ketahuilah bahwa diantara keutamaan berteman dengan orang orang beriman adalah sebagaimana dijelaskan oleh Imam Hasan al Bashri. Beliau memberi nasehat : 

استكثروا من الأصدقاء المؤمنين فإن لهم شفاعة يوم القيامة

Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari kiamat. (Ma’alimut Tanzil).

Oleh karena itu orang orang beriman harus setiap saat memeriksa dirinya dengan siapa saja dia berteman. Jika ada teman teman yang tak memberi manfaat untuk kebaikan akhirat lebih ditinggalkan karena akan menjadi penyesalan kelak di kemudian hari. Allah Ta’ala telah mengingatkan hal ini dalam firman-Nya :

الْأَخِلَّاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ

Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa. (Q.S az Zukhruf 67)

Insya Allah ada manfaatnya untuk kita semua. Wallahu A’lam. (1.588)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar