Senin, 04 Maret 2019

BERHENTILAH JADI MUNAFIK SEKARANG JUGA


BERHENTILAH JADI MUNAFIK SEKARANG JUGA

Oleh Azwir B. Chaniago

Munafik adalah orang yang memiliki sifat nifak. Nifak artinya menampakkan yang baik dan menyembunyikan yang buruk. Mereka menampakkan ke-islaman tetapi menyembunyikan kekufuran.

Sebagaimana yang dikatakan Imam Ibnu Katsir, nifak adalah menampakkan kebaikan dan menyembunyikan keburukan. 

Sementara itu, Ibnu Juraij mengatakan : Orang munafik ialah orang yang omongannya menyelisihi tindak-tanduknya, batinnya menyelisihi lahiriahnya, tempat masuknya menyelisihi tempat keluarnya, dan kehadirannya menyelisihi ketidak adaannya. (‘Umdah at-Tafsir)

Sebagian ulama menyebutkan bahwa orang munafik itu ada dua golongan, yaitu : 

(1) Golongan pertama adalah munafik secara i’tiqadi. Pelakunya pada dasarnya kafir tetapi berpura pura atau menampilkan diri sebagai Muslim. Maksudnya untuk menipu Allah. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلَاةِ قَامُوا كُسَالَىٰ يُرَاءُونَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا قَلِيلًا

Sesungguhnya orang orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk shalat mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud riya (ingin dipuji) dihadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedkit sekali. (Q.S an Nisa’ 142) 

(2) Golongan kedua munafik secara ‘amali. Pelakunya boleh jadi mengaku Muslim, tetapi memiliki sifat munafik yaitu sebagaimana yang dijelaskan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam :

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاث إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ


Tanda tanda orang munafik  ada tiga (1) Apabila berkata dia bohong (2) Apabila berjanji ia mengingkari (3) Apabila diberi amanat ia berkhianat (H.R Imam Muslim).

Ternyata di zaman kita ini semakin banyak orang orang menjadi munafik karena berbagai kepentingan dunia. Kemunafikan mereka sering mudah diketahui. Mereka menggandeng orang kafir dan musuh musuh Islam menjadi teman yang akan dibelanya. 

Dan sebaliknya mereka berusaha melemahkan perjuangan orang orang beriman untuk menegakkan agamanya. Mereka melakukan berbagai usaha tercela DAN ALLAH TA’ALA PASTI MURKA KEPADANYA. 

Oleh itu maka sangatlah baik bagi orang orang munafik untuk segera BERHENTI DAN BERTAUBAT DARI KEMUNAFIKANYA  sehingga terhindar dari murka dan adzab Allah. Takutlah kalian kepada adzab Allah yang sangat berat.  Kasihani dirimu. Ingatlah bahwa orang munafik akan mendapat tempat yang paling buruk di akhirat kelak. Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ فِي الدَّرْكِ الْأَسْفَلِ مِنَ النَّارِ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيرًا

Sungguh, orang orang munafik  itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka. (Q.S an Nisaa’ 145) 

Wallahu A’lam. (1.568)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar