Rabu, 27 Maret 2019

JADILAH HAMBA HAMBA ALLAH YANG BERSAUDARA


JADILAH HAMBA ALLAH YANG BERSAUDARA

Oleh : Azwir B. Chaniago

Allah Ta’ala telah menjelaskan bahwa orang orang beriman, yaitu hamba hamba-Nya adalah bersaudara, sebagaimana firman-Nya :

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ

Sesungguhnya orang orang mukmin itu bersaudara. (Q.S al Hujuraat 10).

Syaikh as Sa’di berkata : (Ayat ini) adalah perjanjian yang ditunaikan Allah diantara sesama orang orang yang beriman. Siapapun orangnya yang berada dibelahan timur bumi ataupun barat yang beriman kepada Allah, Malaikat, kitab kitab-Nya, Rasulnya serta beriman kepada hari yang Akhir, maka ia adalah saudara bagi orang orang yang beriman lainnya.

Persaudaraan yang mengharuskan orang orang mencintai saudaranya sebagaimana mereka mencintai diri mereka sendiri serta tidak menyukai apapun mengenainya sebagaimana diri mereka sendiri tidak suka terkena hal  itu. (Tafsir Karimir Rahman).

Sungguh Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam juga mengingat tentang persaudaraan sesama muslim sebagaimana sabda beliau : 

وَكُوْنُوا عِبَادَ اللهِ إِخْوَاناً . الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يَخْذُلُهُ وَلاَ يَكْذِبُهُ وَلاَ يَحْقِرُهُ .

Jadilah kalian hamba hamba yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara bagi yang lainnya, (dia) : tidak menzhaliminya, tidak menelantarkannya, tidak mendustakannya dan tidak meremehkannya. (H.R Imam Muslim).

Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin berkata : “Seorang muslim adalah saudara bagi yang lainnya”. Adalah seperti saudara dalam hal loyalitas, kecintaan, nasehat atau dalam hal lainnya. 

Beliau juga memberi nasehat tentang cara cara menumbuhkan persaudaraan ini, yaitu : 

(1) Jangan mengingat atau memikirkan keburukan saudaranya. 
(2) Hendaklah selalu mengingat kebaikan kebaikannya. 
(3) Memberikan sesuatu kepada mereka untuk menghilangkan kedengkian di hatinya, seperti hadiah. Sebab hadiah itu bisa menghilangkan kedengkian dan menumbuhkan kecintaan. 
(4) Juga dengan cara berkumpul dalam serangkaian ibadah, terutama shalat lima waktu (di masjid), shalat Jum’at dan shalat ‘Ied. Sebab semua ini akan mendatangkan kecintaan. (Syarah Hadits Arba’in an Nawawiyah).
   
Oleh karena itu MARI BUKTIKAN BAHWA KITA ADALAH BERSAUDARA sehingga orang orang beriman akan semakin kokoh dan bersatu. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.587)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar