Sabtu, 23 Maret 2019

AKHLAK YANG BAIK TANDA KESEMPURNAAN IMAN


AKHLAK YANG BAIK TANDA KESEMPURNAAN IMAN

Oleh : Azwir . Chaniago

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengingatkan umatnya tentang berakhlak yang baik yaitu sebagaimana  sabda beliau :

أَكْمَلُ المُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. (H.R Iam Ahmad, Abu Dawud dan at Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh al Albani)).
Rasulullah dalam hadits ini menjadikan akhlak yang baik termasuk diantara perkara iman yang baik. (Jami’ul Ulum wal Hikam). Oleh karena itu merupakan kewajiban seorang hamba untuk melazimkan akhlak yang baik dalam bermuamalah dengan manusia.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam juga menyuruh kita untuk bergaul bersama manusia dengan akhlak baik. Beliau bersabda :

اتَّقِ اللَّهِ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعْ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

Bertakwalah engkau kepada Allah di mana saja berada, dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik niscaya perbuatan baik tersebut akan menghapuskannya, serta bergaulah bersama manusia dengan akhlak yang baik.  (H.R Imam  Ahmad dan at Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh al Albani).

Imam Ibnul Qayyim berkata : Agama ini seluruhnya adalah akhlak, barang siapa yang  memperbaiki akhlaknya maka akan baik pula agamanya. (Madaarijus Saalikin).

Juga dalam Kitab Madaarijus Saalikin, Imam Ibnul Qayyim  antara lain menjelaskan makna akhlak  terhadap sesama, yaitu :

Pertama : Berbuat baik kepada orang lain.

Kedua : Menghindari sesuatu yang menyakiti atau yang tidak disukai orang lain.

Ketiga : Menahan diri (dengan bersabar) jika disakiti atau diperlakukan tidak baik oleh orang lain.

Dan insya Allah tiga hal ini mencakup makna akhlak yang mulia terhadap  manusia umumnya dan kepada sesama muslim khususnya.

Ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam telah mengingat kita bahwa akhlak yang baik akan memberatkan timbangan di akhirat kelak. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَثْقَلُ شَيْءٍ فِيْ الْمِيْزَانِ الخُلُقِ الْحَسَنِ

Sesuatu yang paling berat di timbangan adalah akhlak yang baik. (H.R Abu Dawud, Ibnu Hibban dan Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad)

Rasulullah Salallahu alaihi Wasallam menjelaskan bahwa orang yang berakhlak baik akan dicintai beliau dan dekat tempat duduknya dengan beliau. Beliau bersabda :

إِنَّ مِنْ أَحَبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ القِيَامَةِ أَحَاسِنَكُمْ أَخْلَاقًا

Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan paling dekat tempat duduknya denganku pada hari kiamat adalah mereka yang paling bagus akhlaknya di antara kalian. (H.R at Tirmidzi, dihasankan oleh Syaikh al Albani).

Oleh karena itu orang orang beriman akan senantiasa berakhlak baik dan selalu berusaha dan berdoa untuk mendapatkannya. Diantara doa yang diajarkan Rasulullah Salallhu ‘alaihi Wasalam adalah :

اللَّهُمَّ حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku. (HR. Ibnu Hibban dan Abu Ya'la, dishahihkan oleh Syaikh al Albani)

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita ssemua. Wallahu A’lam. (1.583).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar