Selasa, 05 Maret 2019

KENAPA HARUS BERLAMA LAMA DI KAMAR MANDI


KENAPA HARUS BERLAMA LAMA DI KAMAR MANDI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Rumah tempat tinggal umumnya memiliki kamar mandi bahkan ada yang punya dua atau lebih sesuai kebutuhan dan kemampuan pemiliknya. Biasanya setiap kamar mandi dilengkapi pula dengan tempat buang air besar atau wc.

Kita mengetahui bahwa sebagian orang ada yang suka berlama lama di kamar mandi untuk mandi ataupun buang air besar. Kenapa harus berlama lama, karena sebagian orang memang ada yang punya kebiasaan mandinya lama, buang air besar lama. Ada pula sebagian orang yang kalau buang air besar bawa koran atau majalah untuk dibaca di kamar mandi. Ada pula yang membawa  suka membawa handphone lalu buka medsos.

Ketahuilah bahwa kamar mandi merangkap wc bukanlah tempat yang baik untuk berlama lama di situ. Lalu kenapa harus berlama lama di kamar mandi. Ketahuilah bahwa syariat Islam tidak menganjurkan untuk berlama lama di kamar mandi karena syaithan syaithan hadir disitu.

Itulah sebabnya sebelum masuk kamar mandi kita dianjurkan untuk membaca doa berlindung dari syaithan. Dalam satu hadits dari Zaid bin Arqan disebutkan bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda : 
  
إِنَّ هَذِهِ الْحُشُوشَ مُحْتَضَرَةٌ ، فَإِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ : اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Sesungguhnya tempat-tempat buang air besar ini dihadiri (oleh para syaithan), maka jika salah seorang dari kalian hendak masuk kamar mandi (wc), ucapkanlah : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari syaithan laki-laki dan syaithan perempuan. (H.R Imam Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan yang selainnya).

Dari hadits ini kita mengetahui bahwa kita disuruh membaca doa berlindung dari syaithan sebelum masuk kamar mandi. Itu bermakna bahwa kamar mandi dan wc adalah salah satu tempat keberadaan syaithan. Nah, kalau berlama lama di kamar mandi : (1)  Seolah olah ingin berlama lama menemani syaithan. (2) Seolah olah ingin berlama lama digelincirkan syaithan. Na’udzubillah min dzaalik.

Syaikh Ibnu Utsaimin berkata :  Manfaat isti'azah (doa mohon perlindungan) ini adalah berlindung kepada Allah dari syaithan laki dan syaithan perempuan, karena tempat itu adalah tempat yang kotor, sedangkan tempat yang kotor adalah kediaman makhluk yang kotor. Maka wc adalah tempatnya syaithan. Maka cocok, jika seseorang hendak masuk wc dia membaca : A'uudzu billah minal khubutsi wal khaba'itsi, agar dirinya tidak terkena keburukan dari makhluk yang buruk. (Syarh al Mumti’)

Selain hadis diatas, masih ada hadits lain, yang juga digunakan oleh sebagian orang untuk menjelaskan bahwa tempat tinggal atau rumah syaithan itu adalah  kamar mandi atau wc yaitu :

عن القاسم عن أبي أمامة عن رسول الله قال : إن إبليس لما أنزل إلى الأرض قال : يا رب أنزلتني إلى الأرض وجعلتني رجيما فاجعل لي بيتا قال : الحمام. (رواه الطبراني في معجمه و ابن أبي الدنيا في كتابه مصائد الشيطان وحيله)

Dari al Qasim dari Abu Umamah dari Rasulullah Salallahu ‘alahi wasallam : Sesungguhnya iblis ketika dia diturunkan ke bumi, dia berkata : Wahai Rabb-ku Engkau telah menurunkanku ke bumi dan Engkau telah menjadikanku terlaknat, maka buatkanlah tempat tinggal untukku. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : kamar mandi (tempatmu). H.R at Thabrani dan Ibnu Abid Dun-ya).

Ketahuilah bahwa hadits ini ada dalam Ihya ‘Ulumuddin, Imam al Ghazali, tapi di dhaifkan atau dilemahkan oleh al Iraqi dalam takhrij al Ihya. Dan juga di dhaifkan oleh Syaikh al Albani dalam adh Dha’ifah. Jadi tak bisa dipakai sebagai sandaran. Hadits ini ditampilkan dalam tulisan ini dengan tujuan untuk menjelaskan pendapat ulama tentang ke dhaifannya.

Sungguh orang orang beriman sangat dianjurkan untuk tidak berlama lama berada di kamar mandi. Selain itu dianjurkan pula membaca doa sebelum memasukinya. Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.570)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar