Minggu, 07 Januari 2018

ORANG TUA DAN ANAK BISA SALING MENGANGKAT DERAJAT



ORANG TUA DAN ANAK BISA SALING
MENGANGKAT DERAJAT

Oleh : Azwir B. Chaniago
Cita cita paling utama dan paling  penting bagi setiap orang beriman adalah menjadi orang yang beruntung yaitu mendapat surga bahkan ingin mendapat derajat surga yang paling tinggi.

Rasulullah mengingatkan agar orang beriman meminta kepada Allah surga yang tertinggi sebagaimana sabda beliau : "Sesungguhnya di dalam surga ada seratus tingkatan yang disediakan Allah. Jarak antara dua tingkatan seperti antara langit dan bumi. Maka apabila kamu memohon kepada Allah maka mohonlah (surga) Firdaus kepada-Nya, karena ia terletak ditengah surga-surga yang tertinggi”. (Perawi hadits berkata) Saya rasa beliau mengucapkan : Dan diatas-Nya ada Arsy ar Rahman dan dari situ dipancarkan sungai-sungai surga. (H.R Imam Bukhari).

Ketahuilah bahwa amal shalih seorang hamba akan menentukan derajat surga baginya. Lalu dengan kasih sayang Allah Ta’ala, seorang anak bisa mendapatkan derajat surga yang lebih tinggi meskipun amal shalihnya  tidak cukup untuk mencapai derajat itu.
Allah Ta’ala berfirman : “Dan orang orang yang beriman, beserta anak cucu mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga). Dan Kami tidak mengurangi sedikit pun pahala amal amal (kebajikan) mereka. Setiap orang terikat dengan apa yang dikerjakan  (Q.S ath Thur 21).

Tentang ayat ini, Syaikh as Sa’di berkata : Inilah diantara penyempurna kenikmatan penduduk surga, yakni Allah Ta’ala mempertemukan mereka dengan keturunannya yang seiman. Mereka dipertemukan  karena keimanan dari ayah ayah  mereka sehingga keturunan mereka menjadi pengikut ayah ayah mereka karena keimanan. 

Lebih dari itu, karena keturunan mereka ikut serta karena keimanan mereka maka keturunan mereka itu dipertemukan dengan ayah ayah mereka di surga oleh Allah Ta’ala MESKIPUN AMALAN MEREKA TIDAKLAH SETARA DENGAN AMALAN ORANG TUA MEREKA sebagai (tambahan) balasan baik untuk orang tua mereka dan sebagai tambahan atas pahala mereka. Meskipun Allah tidak mengurangi sama sekali (pahala) amalan orang tua mereka.

Selain itu, sungguh Allah Ta’ala akan mengangkat derajat orang beriman di surga tersebab amal shalih anak anak mereka. Rasulullah bersabda : “Sungguh Allah akan mengangkat derajat seorang hamba-Nya yang shalih di surga. Maka ia pun bertanya Wahai Rabb-ku !. Bagaimana ini bisa terjadi ?. Allah Ta’ala menjawab : (Ini) berkat istighfar anakmu bagi dirimu.

Oleh karena sebagai orang tua berusahalah menjadi orang shalih agar keshalehan itu memberika  manfaat pula bagi anak keturunan. Dan sebagai anak berusahalah juga menjadi anak yang shalih sehingga bermanfaat pula bagi orang tua untuk mengangkat derajatnya di surga kelak. 

Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.202).
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar