Selasa, 09 Januari 2018

DAPAT KEDUDUKAN YANG TINGGI SETELAH DIUJI



DAPAT KEDUDUKAN TINGGI SETELAH DIUJI

Oleh : Azwir B. Chaniago

Ujian atau cobaan pastilah akan mendatangi setiap orang kapan saja Allah berkehendak. Allah berfirman : “Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan. Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang orang yang sabar”.   (Q.S al Baqarah 155) 

Ketahuilah bahwa ada diantara hamba hamba Allah Subhanahu Ta’ala yang Dia inginkan untuk mendapatkan derajat yang tinggi di sisinya. Tetapi ternyata amalnya tak bisa mencapai kedudukan yang tinggi itu.

Lalu terhadap hamba ini, Allah berikan ujian berupa musibah. Musibah itu bisa atas dirinya, keluarganya ataupun hartanya. Nah, ketika dia bersabar dengan ujian itu maka akhirnya dia mendapatkan kedudukan yang tinggi sesuai dengan yang Allah kehendaki. 

Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya seorang hamba ketika didahului kedudukan tinggi di sisi Allah sedangkan amalnya tidak sampai (untuk mendapat kedudukan itu) maka Allah akan mengujinya pada diri, harta atau anaknya”. (H.R Abu Dawud, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Rasulullah bersada : “Jika Allah mencintai seorang hamba karena imannya maka Allah akan menimpakan cobaan yang mana akan ditinggikan derajatnya agar tetap dalam ibadahnya. (H.R Imam Muslim).

Rasulullah bersabda : “Jika Allah mencintai seorang hamba karena imannya maka Allah akan mengujinya dengan mendatangkan cobaan kepadanya, meninggikan derajatnya, jika mempunyai sisa dosa maka akan diampuni”. (H.R Imam Ahmad).

Oleh karena itu orang orang beriman haruslah bersabar dan berharap dapat balasan dan pahala ketika mendapat ujian atau cobaan. Allah Taala berfirman : “Apa yang ada disisimu akan lenyap dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (Q.S an Nahal 96). 

Jadi  ujian atau cobaan bagi orang orang yang beriman adalah merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah Ta’ala kepada mereka agar  kedudukan atau derajatnya semakin tinggi di sisi-Nya.
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.204)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar