Senin, 15 Januari 2018

MEMBACA SIAYIDUL ISTIGHFAR PADA DZIKIR PAGI DAN PETANG



MEMBACA SAIYIDUL ISTIGHFAR PADA DZIKIR
 PAGI DAN PETANG

Oleh : Azwir B. Chaniago
Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam telah mengajarkan berbagai macam doa dan dzikir dzikir terbaik kepada para sahabat. Dan tentunya pengajaran ini adalah dimaksudkan untuk  seluruh umat beliau sampai hari Kiamat. 

Diantara dzikir yang utama dan diajarkan beliau adalah saiyidul istighfar. Sangatlah baik untuk kita amalkan yaitu sebagai rangkaian dari dzikir pagi yaitu setelah shalat shubuh dan juga pada dzikir petang yaitu setelah shalat ashar. 

Dari Syaddad bin Aus, bahwa Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam bersabda (mengajarkan dzikir saiyidul istighfar) :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ، لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ، وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ، فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta, khalaqtanii, wa anaa 'abduka, wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika mas-tatha'tu, a'uudzu bika min syarri maa shana'tu, abuu-u laka bini'matika 'alayya, wa abuu-u bidzanbii, faghfir lii, fa-innahu laa yagh-firudz-dzunuuba illaa anta.

Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.

Kemudian, Rasulullah menyebutkan keutamaannya : "Barangsiapa yang membaca doa ini dengan penuh keyakinan di sore hari, kemudian dia mati pada malam harinya (sebelum pagi) maka dia termasuk ahli surga. Dan barangsiapa yang membacanya dengan penuh keyakinan di pagi hari, kemudian dia mati pada siang harinya (sebelum sore) maka dia termasuk ahli surga”. (H.R Imam  Bukhari, at-Tirmidzi, an-Nasa'i dan lain-lain).

Sungguh betapa besarnya keutamaan membaca dzikir saiyidul istighfar ini. Oleh karena itu sangatlah baik jika seorang hamba  terus menerus mengamalkannya.
Insya Allah ada manfaatnya bagi kita semua. Wallahu A’lam. (1.208)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar