Jumat, 01 Agustus 2014

MENGHALAU GELISAH DENGAN DZIKIR



MENGHALAU GELISAH DENGAN DZIKIR
 
Oleh : Azwir B. Chaniago

Berapa banyak orang di zaman sekarang menghadapi kegelisahan, stress bahkan sampai depresi. Ketahuilah bahwa seorang muslim  insya Allah akan terjaga dari kegelisahan bagaimanapun keadaannya. Kenapa, karena Islam telah mengajarkan cara yang sangat ampuh untuk mengatasi kegelisahan yaitu dengan senantiasa berdzikir atau mengingat Allah.
Allah berfirman : “Alaa bidzikrillahi tathma-inul quluub” Ketahuilah bahwa hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. (Q.S ar Ra’du 28).

Tapi ketahuilah bahwa yang dimaksud  dengan mengingat Allah bukan hanya sekedar ingat (eling?) tapi haruslah ada aplikasinya, yaitu melakukan amal shaleh, diantaranya adalah :

Pertama : Senantiasa melazimkan shalat tahajjud atau qiyamul lail disamping shalat wajib dan shalat sunat yang lainnya. Ini adalah amal orang orang shalih dari dahulu sampai hari Kiamat insya Allah.

Kedua : Banyak membaca al Qur an dengan mentadabburinya yaitu dengan terus berusaha memahami maknanya. Imam Ibnul Qayyim berkata : Tidak akan tenang hati seorang muslim kecuali dengan al Qur an.

Ketiga : Banyak melakukan puasa sunat sebagai tambahan dari puasa yang wajib.  Ketahuilah puasa membuat hati menjadi jernih dan bersih sehingga pikiran akan mudah terarah kepada beribadah dan mengingat Allah.

Keempat : Banyak berdzikir, terutama dengan dzikir dzikir muqayyad yaitu dzikir yang telah ditentukan lafazhnya, waktunya dan jumlahnya. Juga dengan dzikir dzikir mutlak yang tidak ditetapkan waktu maupun jumlahnya. 
  
Berdoalah kepada Allah agar kita senantiasa bisa berdzikir yaitu dengan doa yang diajarkan Rasulullah yaitu : “Allahhumma a’inni ‘ala dzikrika, wa syukrika, wa husni ibadatika” Ya Allah tolonglah aku agar bisa (selalu) berdzikir kepada Engkau, bersyukur kepada Engkau dan tolonglah aku agar bisa melakukan ibadah yang baik kepada Engkau (H.R  Imam Ahmad dan Imam Abu Dawud).

Allahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar