Rabu, 27 Agustus 2014

MENGENAL LANGKAH SYAITHAN



MENGENAL LANGKAH LANGKAH SYAITHAN

Oleh : Azwir B. Chaniago

Muqaddimah.
Sungguh syaithan adalah musuh yang selalu menipu dan mengajak manusia kepada keburukan dan kesesatan. Ayat al Qur an yang mengingatkan kita tentang hal ini sangatlah banyak. Diantaranya  Allah berfirman :  “Walaqad adhalla minkum jibilan kasyiira, afalam takuunuu ta’qiluun” Dan sungguh (syaithan itu) telah menyesatkan sebagian besar diantara kamu. Maka apakah kamu tidak mengerti ? (Q.S Yaasin 62).
Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al Jibrin mengingatkan kita bahwa : “Syaithan dengan berbagai cara mengajak manusia kepada keburukan. Dan sedikit yang bisa selamat dari musuh yang bernama syaithan ini, kecuali orang orang mukmin yang ikhlas.”
Allah berfirman : “Ia (iblis) berkata : Rabb-ku, oleh karena Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, aku pasti akan jadikan (keburukan) terasa indah bagi mereka (manusia) di bumi. Dan aku akan  menyesatkan mereka  semuanya. Kecuali hamba hamba-Mu yang ikhlas diantara mereka”. (Q.S al Hijr 39-40). 

Enam langkah syaithan
Imam Ibnul Qayyim dalam Madaarijus Saalikin, menjelaskan tentang langkah langkah syaithan dalam menyesatkan manusia. Kata beliau, langkah syaithan itu terdiri dari enam tahap secara berjenjang maksudnya jika langkah pertama tidak mempan maka syaithan akan maju kelangkah kedua, ketiga  dan begitulah seterusnya. 

Langkah Pertama : Setan mengajak manusia kepada perbuatan kufur dan syirik, menentang Allah dan Rasulnya. Inilah target yang paling diinginkan setan.

Langkah Kedua : Gagal dengan langkah pertama, maka setan mengajak manusia untuk melakukan perbuatan bid’ah dalam agama baik dalam aqidah maupun amal yang tidak diajarkan oleh syari’at.

Langkah ketiga : Gagal dengan langkah kedua, maka setan akan menggiring manusia untuk melakukan dosa dosa besar. Dosa besar adalah gerbang menuju kekufuran.

Langkah keempat : Gagal dengan langkah ketiga, maka setan akan menggiring manusia untuk melakukan dosa dosa kecil. Dosa dosa kecil adalah pintu gerbang  dosa  besar.

Langkah kelima : Gagal dengan langkah keempat, maka setan akan  menggiring manusia untuk sibuk dengan hal hal yang mubah yang tidak ada pahala dan tidak ada dosa padanya. Akibatnya manusia jatuh kepada menyia nyiakan waktu dan tidak memanfaatkan waktunya untuk kebaikan ataupun amal shalih.

Langkah keenam : Gagal dengan langkah kelima, maka setan akan mengalihkan perhatian manusia dari amalan utama kepada amal amalan yang kurang utama sehingga kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kebaikan yang banyak.

Itulah enam diantara langkah langkah syaitan untuk menyesatkan manusia. Kita berdoa kepada Allah semoga kita dilindungi  dari tipu daya dan langkah langkah setan yang selalu mengajak kepada keburukan dan kesesatan.
Na’udzubillahi minasy syaitaan nirrajiim.  (048)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar