Sabtu, 11 November 2023

SALAH SATU BAROMETER IMAN ADALAH BERAKHLAK MULIA

 

SALAH SATU BAROMETER IMAN ADALAH BERAKHLAK MULIA

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh syariat Islam adalah agama yang mengutamakan dan mengajarkan umatnya untuk berakhlak mulia. Dari Abu Ad-Darda’ radhiallahu ‘anhu, Rasulullah Salallahu bersabda :

مَا مِنْ شَىْءٍ فِي الْمِيزَانِ أَثْقَلُ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ

Tidak ada sesuatu pun di timbangan hari kiamat yang lebih berat dari pada akhlak mulia. (H.R Abu Dawud dan at Tirmidzi)

Hadits ini adalah hadits yang sangat tegas yang menunjukkan bahwa akhlak mulia adalah perbuatan  yang sangat agung, bahkan di antara ibadah yang teragung.

Dalam riwayat lain disebutkan bahwa akhlak mulia bisa menggapai derajat orang  rajin puasa dan rajin shalat. Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

وَإِنَّ صَاحِبَ حُسْنِ الْخُلُقِ لَيَبْلُغُ بِهِ دَرَجَةَ صَاحِبِ الصَّوْمِ وَالصَّلاَةِ

Sesungguhnya orang yang berakhlak mulia bisa menggapai derajat orang yang rajin puasa dan rajin shalat. (H.R at Tirmidzi).

Selain itu, Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam menjamin istana di surga untuk orang selalu memperindah akhlaknya yaitu sebagaimana sabda beliau :

أَنَا زَعِيمُ بِبَيْتٍ فِي أَعَلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ

Aku menjamin istana di atas surga bagi orang yang memperindah akhlaknya. (H.R Imam Bukhari, Imam Muslim dan Abu Dawud).

Sungguh, Nabi Salallahu 'alaihi Wasallam  menjadikan akhlak mulia sebagai salah satu BAROMETER KEIMANAN seseorang. Beliau bersabda :

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِيْنَ إِيْمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَخِيَارُكُمْ خِيَارُكُمْ لِنِسَائِهِمْ خُلُقًا

Orang yang IMANNYA PALING SEMPURNA di antara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya. (H.R at Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Oleh karena itu, setiap hamba mestilah  berusaha keras agar bisa berakhlak mulia. Jika seorang hamba  merasa di dalam dirinya ada akhlak akhlak buruk, maka dia berusaha sungguh sungguh untuk mengubahnya karena akhlak buruk itu bisa diubah dengan memohon pertolongan Allah Ta'ala.

Diantara doa untuk memohon akhlak yang baik adalah sebagaimana yang diajarkan Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam :

اَللَّهُمَّ أَحْسَنْتَ خَلْقِي فَأَحْسِنْ خُلُقِي

Ya Allah, Engkau telah memperbagus penciptaanku, maka baguskanlah akhlakku. (H.R Imam Ahmad, dishahihkan oleh Syaikh al Albani).

Wallahu A'lam. (3.128).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar