Minggu, 19 November 2023

KHATAM AL QUR AN DIULANGI LAGI TERMASUK AMAL YANG DICINTAI ALLAH

 

KHATAM AL QUR AN DIULANGI LAGI TERMASUK AMAL YANG DICINTAI ALLAH

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh, kita mengetahui bahwa sangatlah banyak saudara saudara kita yang selalu menyediakan waktu khusus untuk membaca al Qur an dari awal sampai khatam. Setelah khatam diulangi lagi dari awal sampai khatam lagi.

Ada yang mengkhatamkan bacaan setiap bulan bahkan ada yang khatam kurang dari sebulan. Ada juga yang mengkhatamkan bancaannya dalam empat puluh, tiga bulan atau lebih tetapi tetap bertekad untuk mengkhatamkan.

Ini semua tergantung waktu yang disediakan oleh masing masingnya. Dan yang lebih penting lagi adalah SEMANGAT UNTUK BISA LEBIH SERING MENGKHATAMKAN AL QUR AN. Ini bisa jadi berbeda keadaannya antara seseorang dengan yang lainnya. Tetapi yang sangat perlu dijaga adalah semangat untuk selalu membaca al Qur an dan mengkhatamkannya lalu diulangi lagi dari awal dan seterusnya.

Sungguh al Qur an adalah Kalamullah dan orang yang hatinya bersih dan imannya terpelihara TIDAK AKAN PERNAH BOSAN tak akan merasa puas dengan bacaan al Qur an. Utsman bin ‘Affan radhiallaahu ’anhu berkata : Seandainya hati kita bersih, maka tidak akan puas membaca Kalamullah (Ighatsatul Lahfan).

Ketahuilah bahwa  Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam mendorong umatnya untuk selalu mengkhatamkan al Qur an. Bahkan beliau mengingatkan bahwa membaca al Qur an sampai khatam dan mengulangi untuk khatam lagi adalah termasuk AMALAN YANG DICINTI ALLAH TA'ALA yaitu sebagaimana satu hadits dari Ibnu Abbas :

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : قَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ؟ قَالَ : الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ - قَالَ : وَمَا الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ؟ قَالَ الَّذِي يَضْرِبُ مِنْ أَوَّلِ الْقُرْآنِ إِلَى آخِرِهِ كُلَّمَا حَلَّ ارْتَحَلَ

Dari Ibnu Abbas, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam : Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah ?. Beliau menjawab : Al-hal wal murtahal.

Orang ini bertanya lagi : Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah ?. Beliau menjawab : Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal. (H.R at Tirmidzi).

Kemudian lihatlah bagaimana semangat para ulama dan orang orang shalih mengkhatamkan al Qur an, terlebih lagi di bulan Ramadhan. Diantaranya adalah  sebagaimana disebutkan dalam Siyar an Nubala’.

(1) Dari Ibrahim An-Nakha’i, ia berkata :  Al Aswad biasa mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan setiap dua malam.

Disebutkan dalam kitab tersebut bahwa  di luar bulan Ramadhan, al Aswad biasa mengkhatamkan al Qur’an dalam enam malam.

(2) Qatadah bin Dama'ah biasanya mengkhatamkan al Qur’an dalam tujuh hari. Namun jika datang bulan Ramadhan ia mengkhatamkannya setiap tiga hari. Ketika datang sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, ia mengkhatamkan setiap malamnya.

(3) Ibnu Asakir adalah seorang ulama hadits dari negeri Syam, dengan nama kunyah Abul Qasim, beliau penulis kitab diantaranya yang terkenal yaitu Tarikh Dimasqy. Anaknya yang bernama al Qasim mengatakan mengenai bapaknya. Ibnu ‘Asakir adalah orang yang biasa merutinkan shalat jama’ah dan tilawah al Qur’an. Beliau biasa mengkhatamkan al Qur’an setiap pekannya.

Sebagai penutup tulisan ini, dinukil satu hadits tetang keutamaan membaca al Qur an yang dapat ganjaran pahal dari setiap huruf yang dibaca. 

 قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِن أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ.

 Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam  bersabda : Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu sama dengan sepuluh kali  lipat ganjarannya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, mim satu huruf. (H.R at Tirmidzi.

Oleh karena itu hamba hamba tetaplah berusaha membaca al Qur an setiap hari. Jika telah khatam ulangi lagi dan seterusnya sehingga mendatangkan banyak kebaikan. Wallahu A'lam. (3.140)

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar