Senin, 02 Oktober 2023

TIGA DIANTARA PERKARA YANG DIANJURKAN SEBELUM TIDUR

 

TIGA DIANTARA PERKARA YANG DIANJURKAN SEBELUM TIDUR

Disusun oleh : Azwir B. Chaniago

Sungguh tidur adalah kebutuhan semua orang, terutama  untuk beristirahat. Allah Ta'ala berfirman :

وَجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًا

Dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat. (Q.S an Naba’ 9).

Ketahuilah bahwa Rasulullah Salallahu 'alaihi wasalam menganjurkan orang orang beriman untuk melakukan beberapa pekara yang bermanfaat sebelum tidur, diantaranya :

Pertama : Berwudhu' sebelum tidur

Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam menyebutkan perkara ini dalam sabda beliau : 

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ،

Jika engkau mendatangi pembaringanmu, maka berwudhu’lah seperti engkau hendak mengerjakan shalat .… (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Diantara keutamaannya adalah bahwa orang yang tidur dalam keadaan suci, didoakan malaikat.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
 

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa : Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci. (H.R Ibn Hibban).

Kedua : Mengibas tempat tidur sebelum berbaring.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam menyebutkan perkara ini dalam  sabda beliau : 

إِذَا أَوَى أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَنْفُضْ فِرَاشَهُ بِدَاخِلَةِ إِزَارِهِ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي مَا خَلَفَهُ عَلَيْهِ

Apabila salah seorang diantara kalian hendak tidur maka kibasilah tempat tidurnya dengan ujung sarungnya, karena sesungguhnya dia tidak tahu apa yang akan menimpa padanya. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Dalam Syarah Shahih Muslim diterangkan, bahwa seseorang hendaknya mengibas kasurnya sebelum tidur, baik dengan tangan, sapu lidi, kain sarung atau sejenisnya. Mengibas sebanyak tiga kali, sebagaimana disebutkan dalam Fathul Barri.

Tidak lupa pula membaca Asma Allah bersama kibasannya yaitu BISMILLAH sebagaimana dijelaskan dalam sebuah riwayat dari Imam Muslim.

Ketiga : Memulai berbaring pada sisi tubuh sebelah kanan.

Perkara ini dijelaskan Rasulullah Salallahu ‘alaihi Wasallam dalam sabda beliau : 

ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الْأَيْمَنِ ،

(Jika engkau mendatangi pembaringanmu) …, kemudian berbaringlah pada sisi tubuhmu sebelah kanan. (H.R Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Sungguh, tiga perkara tersebut diatas yaitu berwudhu' sebelum tidur, mengibas tempat tidur sebelum berbaring dan mulai berbaring pada posisi  tubuh sebelah kanan adalah DISUNAHKAN. Ketahuilah bahwa jika perkara ini diamalkan berarti termasuk bagian dari menghidupkan sunnah, dan Rasulullah Salallahu 'alaihi Wasallam bersabda :

 من أحيا سنتي فقد أحبني ومن أحبني كان معي في الجنة .

Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku maka dia telah mencintaiku. Barangsiapa mencintaiku maka dia akan bersamaku di surga. (H.R at Tirmidzi). 

Wallahu A'lam. (3.093).

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar